androidvodic.com

Ayam Broast hingga Puding Jadi Menu Terakhir Jemaah, 2 Ahli Gizi Pantau Katering Haji - News

News, MAKKAH - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mengutus dua tenaga profesional bidang gizi dan hygienitas asupan makanan guna memantau katering penyedia konsumsi jemaah haji.

"Tadi siang, kita utus dua profesinal, magister dari STP (sekolah tinggi pariwisata) Bandung dapur di Jeddah," kata Kepala Bidang Konsumsi PPIH Arab Saudi M Agus Syafi', Senin (3/6/2023).

Baca juga: Pemulangan Jemaah Haji ke Tanah Air Akan Dilepas Menag, Ketua Sektor III Makkah Lakukan Persiapan

Dua ahli gizi utusan PPIH itu adalah Agung Ilham Triana, SE., MM.Par dan Ayu Nurwitasari, S.AP., MM.Par.

Mereka masuk dalam tim PPIH Arab Saudi, sekaligus jadi konsultan bidang konsumsi yang membawahi tiga daerah kerja (daker) misi haji; Makkah, Madinah dan Jeddah.

Di Jeddah, dua profesional dari STP dan Politeknik Pariwisata NHI Bandung itu memantau proses meal stocking, processing meal, dapur, packing, dan manajemen distribusi katering, menjelang penyiapan awal makanan selamat jalan untuk pemulangan jamaah ke Tanah Air.

Baca juga: Ketua Komisi VIII DPR Klarifikasi Soal Isu Penghentian Katering untuk Jemaah Haji Asal Indonesia

Tim ini bekerja bersama dua petugas katering Daker Makkah dan PPIH; Dadang Suratman, Christian Helmy Rumayar, dan dua orang di Daker Madinah, Irfansyah dan Dewi A.

Mereka bekerja untuk pelayanan konsumsi sekitar 209 ribu jemaah selama sebulan.

Katering untuk jamah haji
Katering untuk jamah haji (kemenag.go.id)

Di Madinah, ada 103.803 jemaah dari 276 kloter yang akan pulang ke Tanah Air, dalam periode 19 Juli hingga 2 Agustus.

Selama di Arab Saudi (Makkah-Madinah dan Jeddah), jamaah Indonesia dilayani 74 dapur katering.

Selama 22 hari di Makkah, jemaah dilayani 54 katering dengan rincian, 66 kali pasokan makanan.

Sedangkan selama 9 hari di Madinah, ada 27 kali makan; sarapan, makan siang dan malam, dengan pasokan meal box dari 21 katering.

Baca juga: VIDEO Pemulangan Jemaah Haji Indonesia Akan Dibagi Dua Gelombang: Dimulai 4 Juli Besok

Otoritas konsumsi misi haji Indonesia (PPIH) Arab Saudi di Makkah, Senin (3/7/2023) pagi ini, kembali memantau persiapan sajian menu Selamat Jalan, bagi jamaah dari dua kloter awal yang akan terbang kembali ke Tanah Air.

Nasi ayam broast, saus sambel, buah apel dan pudding, akan jadi menu terakhir sekitar 767 jamaah dari kloter BTH 01 Batam dan JKG 01 Jakarta, tengah malam ini.

Dapur produksi katering jemaah haji di Indonesia milik Jawharat Asia Catering di Makkah. Jawharat Asia Catering akan melayani konsumsi jemaah haji Indonesia selama berada di Makkah.
Dapur produksi katering jemaah haji di Indonesia milik Jawharat Asia Catering di Makkah. Jawharat Asia Catering akan melayani konsumsi jemaah haji Indonesia selama berada di Makkah. (Tribunnews/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019)

Jemaah dijadwalkan mulai meninggalkan dua hotel di Makkah menu Jeddah, selepas shalat Isya, dan boarding pukul 21.00 WAS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat