androidvodic.com

Hingga Hari Ini, Jumlah Jemaah Haji Indonesia yang Wafat Capai 410 Orang - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin mengungkapkan jumlah jemaah haji Indonesia yang meninggal mencapai 410 orang.

Saat ini, penyelenggaraan ibadah haji telah memasuki fase pemulangan ke Tanah Air.

“Total jemaah yang wafat hingga tanggal 5 Juli 2023 pukul 24.00 Wib berjumlah 410 orang. Suhu di Makkah hari ini berkisar antara 30°C s.d. 41°C," ujar di Media Center Haji (MCH) Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Saat menunggu kepulangan, Fauzin mengimbau jemaah tetap mematuhi pesan-pesan kesehatan yang disampaikan petugas kesehatan haji.

Pesan itu mulai dari tidak menunggu haus, hingga tetap memakai Alat Pelindung Diri (APD) setiap menjalankan aktivitas di luar hotel.

Baca juga: Hari Ini, 6.592 Jemaah Haji Indonesia Diberangkatkan ke Tanah Air

"Selain itu, jemaah agar tetap menjaga asupan makanan dan istirahat yang cukup. Hingga pada waktunya kembali ke Tanah Air, jemaah dalam kondisi yang prima dan sehat," kata Fauzin.

Pada fase kepulangan jemaah, terhitung sejak tanggal 04 Juli 2023 jemaah gelombang 1 yang telah tiba di Tanah Air sebanyak 12.604 orang.

Baca juga: Viral Jemaah Haji asal Makassar Pakai Pakaian 20 Lapis hingga Borong 100 Gram Emas untuk Oleh-oleh

Hari ini, jemaah yang diberangkatkan ke Tanah Air dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah berjumlah 6.820 jemaah atau 18 kelompok terbang (kloter).

Untuk rencana keberangkatan Jemaah dan petugas dari Tanah Suci ke Tanah Air besok, 7 Juli 2023 ,terang Fauzin, berjumlah 6.138 orang atau 16 kloter.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat