androidvodic.com

Masih Belum Ditemukan, Apakah Pencarian Idun Rohim Zen Dihentikan saat Operasional Haji Berakhir? - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JEDDAH - Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 Hijriah/2023 Masehi, Subhan Cholid mengatakan bahwa pihaknya masih terus melacak keberadaan seorang jemaah Indonesia yang hilang saat puncak Haji, yakni Idun Rohim Zen (87).

Jemaah lanjut usia (lansia) asal Palembang, Sumatera Selatan itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 20 Embarkasi Palembang (PLM 20).

Baca juga: PPIH Terus Melacak Keberadaan Idun Rohim Jemaah Haji yang Terpisah dari Rombongan Sejak 27 Juni

Idun dinyatakan hilang setelah terpisah dari rombongannya pada 27 Juni lalu, atau 9 Zulhijjah.

Sejak saat itu, hingga saat ini proses pencarian pun dilakukan PPIH.

"PR (pekerjan rumah) kita saat ini menemukan jemaah Haji atas nama Bapak Idun. Sampai berakhirnya masa operasional Haji, kami terus berupaya," kata Subhan, di Jeddah, Arab Saudi, Kamis (20/7/2023).

Baca juga: Pemulangan Jemaah Haji Gelombang Kedua Bakal Berakhir 4 Agustus 2023

Termasuk melalukan koordinasi dengan Kepolisian Makkah untuk mengetahui mengenai langkah yang mereka gunakan terkait proses pencarian ini.

"Kami berkomunikasi dengan pihak maktab dan kepolisian Makkah untuk update proses yang mereka lakukan," jelas Subhan.

Subhan berharap Idun bisa segera ditemukan, pihaknya pun saat ini masih terus melakukan komunikasi dengan keluarga jemaah tersebut.

Namun jika proses pencarian Idun tidak juga menunjukkam hasil yang positif hingga operasional penyelenggaraan ibadah Jaji tahun ini berakhir, maka pihaknya akan menyerahkan proses selanjutnya pada KJRI di Jeddah.

Baca juga: Jemaah Haji Asal Makassar Viral Pakai Emas 1 Kg, Klaim Model Kalungnya Hanya Satu di Dunia

"Jika sampai operasional berakhir, Idun belum ditemukan, akan kita serahkan ke perwakilan pemerintah di KJRI Jeddah untuk melanjutkan proses berikutnya," tegas Subhan.

Perlu diketahui, operasional Haji tahun ini akan berlangsung hingga 4 Agustus mendatang, ini ditandai dengan kepulangan kloter terakhir jemaah dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat