androidvodic.com

Sebelum Manasik Para Calon Jemaah Haji akan Diminta Latihan Fisik Jalan Kaki - News

Laporan Wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Jemaah haji perlu mempersiapkan kemampuan fisik saat akan menjalani ibadah haji.

Kementerian Agama (Kemenag) akan memasukkan latihan fisik untuk jemaah pada program manasik.

Baca juga: Tingginya Angka Kematian Jemaah Haji 2023 Menjadi Pelajaran Penting untuk Penyelenggaraan Haji 2024

"Orientasi manasik kita selama ini lebih ke bacaan dan hafalan doa. Kita coba perkenalkan manasik juga latihan fisik. Sebelum bermanasik, jemaah diminta jalan kaki dulu," ujar Direktur Bina Haji Kementerian Agama Arsad Hidayat saat Media Gathering Kemenag di Aroem Restaurant, Jakarta, Rabu (1/1/2023).

Arsad mengatakan isu kesehatan jemaah menjadi salah satu perhatian Kemenag dalam persiapan operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024.

Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) telah menggelar mudzakarah yang secara khusus membahas tentang syarat istitha’ah kesehatan jemaah haji.

Mudzakarah Perhajian, kata Arsad, telah menghasilkan sembilan rekomendasi dan itu menitikberatkan kepada penguatan istithaah kesehatan jemaah haji.

Salah satu rekomendasi itu adalah Kementerian Kesehatan agar menerapkan istithaah kesehatan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 Tahun 2016 tentang Istithaah Kesehatan Jemaah Haji atau perubahannya.

Baca juga: Kemenag: Manasik Jemaah Haji di KUA Dimulai Setelah Idul Fitri

Kementerian Kesehatan juga agar melakukan pemeriksaan lain yang meliputi kesehatan jiwa, kognitif, dan kesehatan activity daily living (ADL).

"Kementerian Kesehatan juga direkomendasikan menyempurnakan aplikasi Siskohatkes untuk penetapan istithaah kesehatan Jemaah Haji," tutur Arsad.

Kemenag dan Kemenkes secara berjenjang akan memberikan edukasi dan sosialisasi tentang istitha'ah kesehatan haji kepada jemaah haji.

Arsad mengatakan pihaknya akan melakukan penyuluhan kesehatan serta bimbingan manasik haji dan melibatkan peran serta masyarakat, KBIHU dan ormas Islam.

"Materi istitha'ah kesehatan dan fikih haji lansia juga akan dimasukkan dalam buku panduan bimbingan manasik haji Kementerian Agama. Sehingga, jemaah haji bisa mendapatkan pemahaman lebih komprehensif," jelas Arsad.

Kementerian Agama Kabupaten Kota bakal membentuk tim bersama untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada jemaah haji terkait istitha'ah kesehatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat