androidvodic.com

Sesaat Lagi Wapres RI Bertemu Menteri Haji & Umrah Arab Saudi, Berharap Kuota Haji Terus Bertambah - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Wakil Presiden RI (Wapres) KH Ma'ruf Amin akan menerima kunjungan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah siang ini, di Istana Wapres RI, Selasa (30/4/2024).

Juru Bicara Wapres RI, Masduki Baidlowi membeberkan rencana pembahasan yang akan terjalin di antara keduanya.

Kata dia, secara garis besar Pemerintah Indonesia akan menyampaikan terima kasih kepada Kerajaan Arab Saudi melalui Menteri Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah.

"Secara resmi juga akan menyampaikan ucapan terima kasih terhadap kebijakan Arab Saudi terutama dari Menteri Haji dan Umrah yang sudah memberikan kuota secara khusus yang jumlahnya mencapai 20.000 jamaah haji tambahan dan jumlah itu sudah diambil sebuah kebijakan oleh pemerintah Indonesia," kata Masduki saat ditemui awak media di Istana Wapres, Selasa.

Baca juga: Menag Yaqut Pantau Persiapan Ibadah Haji 2024, Ingin Jadi yang Terbaik di Era Presiden Jokowi

Tak hanya itu, dalam pertemuan nantinya, Wapres juga akan menyampaikan soal harapan pemerintah Indonesia.

Beberapa harapan besar pemerintah yakni adanya penambahan jumlah kuota haji yang terus menerus diberikan oleh Kerajaan Arab Saudi kepada jamaah Indonesia.

"Sehingga dengan demikian kalau memang ada kuota tambahan terus-menerus dengan jumlah seperti yang sekarang, itu diharapkan akan memberikan beban yang ringan buat pemerintah Indonesia ke depan 5-10 tahun ke depan akan ringan," kata dia.

Dengan bertambah banyaknya kuota haji itu, maka nantinya pelaksanaan keberangkatan jamaah Indonesia bisa menjadi kembali normal.

Dalam artian, pemberangkatan jamaah haji tidak perlu menunggu waktu yang lama seperti belakangan ini.

"Harapannya mudah-mudahan nanti jamaah haji Indonesia itu sudah bisa normal seperti dahulu kala, bahwa kalau orang naik haji, ingin naik haji, mendaftar sekarang maka tidak lebih dari 5 tahun sudah bisa berangkat haji, itu yang terjadi kalau normal," ucap Masduki.

Baca juga: Malaysia jadi Negara Pertama yang Terima Fasilitas Visa Haji dari Pemerintah Arab Saudi Tahun Ini

"Ini saya kira menjadi menjadi harapan dan pemerintah Indonesia kepada pemerintah Arab Saudi," ujar dia.

Sebagai informasi, rencananya pertemuan antara Wapres dengan Menteri Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah akan dilakukan pada pukul 13.30 WIB siang ini.

Sebelum bertemu Wapres, Menteri Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah sudah terlebih dahulu bertemu dengan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut pagi tadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat