androidvodic.com

Gara-gara Menahan Haus karena Takut Buang Air Kecil, Banyak Jemaah Haji Dehidrasi Saat Tiba di Arab - News

News, JAKARTA - Musim haji 1445H telah tiba. Jemaah haji Indonesia musim haji mulai berdatangan ke tanah suci.

Sejak Minggu (12/5/2024) paratamu Allah sudah memadati kota Madinah. Bagaimana kondisi mereka?

Baca juga: Kisah WNI Nekat Berhaji Tanpa Visa Haji, Bayar Rp200 Juta ke Arab Lewat Malaysia, Risiko Dideportasi

Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) mencatat pada hari pertama kedatangan jemaah haji Indonesia, banyak ditemukan kasus dehidrasi.

Dehidrasi terjadi karena tak jarang jemaah memilih menahan haus dan tidak minum selama perjalanan karena takut buang air kecil (kencing).

"Kami mendapatkan fenomena, banyak jamaah haji menahan haus selama perjalanan karena takut buang air kecil di pesawat, yang menyebabkan jemaah mengalami dehidrasi mulai dari dehidrasi sedang sampai berat," kata Yayah, M.Kep, Perawat Rawat Inap KKHI Madinah.

Dalam keterangannya kepada News, jemaah haji juga ada yang mengalami krisis hipertensi karena menahan buang air kecil selama di embarkasi dan di pesawat sampai mendarat di bandara Madinah.

Jamaah tersebut harus dirujuk ke RS Arab Saudi karena perburukan dan mengalami edema paru.
Karena itu, pihak KKHi meminta agar Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memberikan edukasi atau pengertian kepada jemaah agar tidak menahan haus selama perjalanan.

"Mohon Izin, kepada seluruh tim kesehatan dan koordinator perjalanan agar mengedukasi jamaah haji, agar tidak menahan buang air kecil (kencing), dan tidak menahan haus selama di perjalanan dan di pesawat," sarannya.

Lebih Baik Banyak Minum Lalu Buang Air Kecil, Itu Lebih Sehat

Kepala Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKIH) Madinah, Karmijono mengungkap kondisi jemaah haji Indonesia kloter pertaam pada musim haji 1445H/2024M ini banyak ditemui dehidrasi. Pemicunya tahan haus.
Kepala Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKIH) Madinah, Karmijono mengungkap kondisi jemaah haji Indonesia kloter pertaam pada musim haji 1445H/2024M ini banyak ditemui dehidrasi. Pemicunya tahan haus. (Media Center Haji/MCH 2024/Henry Lukmanul Hakim)

Potensi dehidrasi ini dikatakan Kepala Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKIH) Madinah, Karmijono kepada Media Center Haji.

Karmijono mengatakan seringkali jamaah calon haji merasa bangga beribadah lancar tanpa rasa ingin buang air kecil.

Padahal, jamaah tersebut sebenarnya dehidrasi.

"Dia bangga bisa beribadah lancar tanpa gangguan, padahal itu tanda-tanda dehidrasi," kata Karmijono di Madinah,” kata Karmijono.

Baca juga: Ini Makanan yang Dikonsumsi Jemaah Haji Indonesia di Madinah, Pakai Bumbu Asli Dalam Negeri

Dikatakan banyak jamaah haji yang tidak sadar mengalami dehidrasi karena fokus menjalankan ibadah.

Padahal, seharusnya, jamaah haji buang air kecil minimal setiap jam. Hal ini sebagai tanda tubuh terhidrasi dengan baik.

klinik kkhi madinah rawat jemaah haji
Suasana di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, Petugas mencatat banyak ditemukan kasus dehidrasi karena jemaah menahan haus.

"Semakin sering kencing lebih bagus. Mending sering ke toilet daripada sering ke rumah sakit," kata Karmijono mengingatkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat