androidvodic.com

Jemaah Haji dari Makassar Sujud Syukur Setiba di Madinah usai Alami Sayap Pesawat Terbakar - News

Laporan Khalidin Umar Barat I Arab Saudi

News, MADINAH – Rombongan jemaah calon haji (JCH) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 5 Embarkasi Makassar (UPG-05) akahirnya tiba di Bandara Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Araba Saudi, Kamis (16/5/2024). 

Wartawan Serambi Indonesia Khalidin Umar Barat selaku petugas Media Center Haji (MCH) 2024 dari Arab Saudi melaporkan, jemaah asal Sulawesi Selatan itu tiba di Madinah pukul 04.02 waktu setempt dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Setiba di bandara, para jemaah haji Indonesia tampak bahagia penuh haru dan beberapa di antaranya langsung sujud syukur.

Hal ini lantaran pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut jamaah haji asal Gowa Sulawesi Selatan ini sebelumnya sempat mengalami kerusakan salah satu mesin.

Mesin dekat sayap pesawat Garuda Indonesia bernomor GA-1105 rute Makassar-Madinah yang mengangkut jemaah haji terbakar saat lepas landas di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar.

Kerusakan itu mengharuskan penerbangan putar balik ke landasan Bandara Internasional Sultan Hasanudin.

Baca juga: Video Kondisi Calon Jemaah Haji Korban Insiden Pesawat Garuda Terbakar, Satu Jam Kepanasan di Kabin

Kemudian, para jemaah kembali diterbangkan dengan armada Garuda Indonesia yang lain ke Madinah dari bandara yang sama pukul 22.00 WITA.

Setibanya di Arab Saudi, beberapa jamaah tampak mengungkapkan kebahagiaannya dengan melakukan sujud syukur di Gate Hajj kedatangan Bandara AMAA Madinah.

"Alhamdulillah ya Allah, syukur Alhamdulillah akhirnya tiba di Madinah dengan selamat. Kalau Allah menghendaki, bisa juga sampai sini," ungkap Siti Rasia Leman, jamaah asal Goa saat ditemui Media Center Haji di Bandara AMAA, Madinah, Kamis (16/5/2024).

Kerusakan yang menimpa pesawat Garuda Indonesia saat terbang mengangkut jamaah calon haji dari embarkasi Makasar ini membuat penerbangan menjadi batal.

Meski keberangkatan sempat tertunda akibat pesawat yang rusak, namun jamaah tetap memberikan mengapresiasi layanan yang diberikan para petugas.

"Alhamdulillah terlayani dengan baik, petugas baik, makanan berlebih," kata Abdussalam.

Baca juga: Pesawat Garuda yang Terbakar Saat Antar Jemaah Haji Ternyata Pernah Digunakan untuk Rute Antarbenua

Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Abdillah menyatakan rasa syukurnya saat menyambut jamaah haji yang baru saja tiba. Dia melihat rona bahagia para jamaah ketika keluar dari pesawat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat