androidvodic.com

Kisah Jemaah Haji Termuda 2024 Alfina Dara: Menabung sejak TK hingga Tak Pernah Jajan - News

Laoran Khalidin Umar Barat dari Arab Saudi

SERAMBINEWS.COM, MADINAH - Ada kisah perjuangan dan pengorbanan di balik perjalanan haji warga Indonesia bernama Halima Hadi Alfina (18 th) hingga akhirnya menjadi salah satu jemaah haji termuda 2024.

Dara muda asal Semarang, Jawa Tengah itu mengungkapkan, dirinya bisa berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan rukun Islam kelima tidak lepas karena ketekunan dalam menabung.

Bukan satu atau dua tahun terakhir, ia telah memulai menabung justru sejak kecil.

Wartawan Serambi Indonesia/Tribunnews Khalidin Umar Barat selaku petugas Media Center Haji (MCH) 2024 dari Arab Saudi, Senin (27/5/2024) melaporkan Alfina masuk dalam jamaah gelombang kedua.

Dari wawancara dengan Tim Media Center Haji, Alfina ternyata sudah rutin menabung sejak usia TK.

Baca juga: Kuli Angkut Naik Haji, Kerja sejak Tahun 90-an, Pria di Kudus Berangkat Haji Bareng Anak dan Istri

Halima yang baru menyelesaikan pendidikan setingkat SMA itu mengaku menabung sejak taman kanak-kanak untuk membantu membiayai perjalanan ibadah hajinya.

Alfina sendiri merupakan seorang penari yang acap diundang ke berbagai event tari. Nah, ternyata Alfina masih tekun menabung. Sehingga setiap mendapat honor dari kreasi menari ia tabung, hanya disisakan sedikit saja untuk sedekah.

"Mulai dari PAUD saya memang sudah akti ikut sanggar tari. Kemudian honor menari saya titipkan sama Ibu, untuk tabungan haji, ujar Alfina, ditemui di Masjid Nabawi, Minggu (25/5/2024) seperti dilaporkan jurnalis anggota Media Center Haji (MCH) 2024.

Alfina mengakui semula belum terlalu paham maknanya haji ketika dirinya didaftarkan calon jemaah haji saat usia TK pada tahun 2009.

Seiring bertambahnya usia, Alfina yang beranjak remaja, iapun akhirnya baru paham kewajiban naik haji bagi mereka yang mampu.

Alfina pun semakin semangat menabung. Dia tidak pernah menargetkan berapa banyak tabungan yang ia kumpulkan. Pokoknya, begitu dapat honor, dia tabung.

Baca juga: UKT Batal Naik, Nadiem Minta PTN Kembalikan Kelebihan Bayar Mahasiswa Baru

Alfina juga rajin mengikuti lomba-lomba di luar tari dan sering menang. Hasil lomba itu menambah pundi-pundi tabungan hajinya.

Hingga pada 2020 lalu, seharusnya ia dan keluarganya berangkat haji. Namun, wabah Covid-19 membuat keberangkatan Alfina, kedua orangtua, dan kakak-kakaknya tertunda hingga 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat