androidvodic.com

Ghina Ghufran Ayati Jadi Jemaah Haji Termuda Subulussalam Aceh: Dokter Muda dan Hafizah 30 Juz - News

Laporan Khalidin Umar Barat dari Arab Saudi

SERAMBINEWS.COM, MAKKAH – Ghina Ghufran Ayati, dara asal Kota Subulussalam, Provinsi Aceh, ini menjadi jemaah calon haji termuda pada musim haji tahun 2024 di kelompok terbang (lloter) 12.

Remaja berusia 22 tahun asal Subulussalam ini berangkat haji menggantikan sang ibundanya yang telah meninggal dunia pada Maret tahun 2020 lalu.

Khalidin Umar Barat selaku petugas Media Center Haji (MCH) 2024 dari Arab Saudi pada Minggu, (9/6/2024), melaporkan Ghina Ghufrani yang akrab disapa Aya itu akan bergabung dengan 51 jemaah calon haji Kota Subulussalam tahun 2024.

Gadis kelahiran Banda Aceh 17 September 2001 tersebut adalah dokter gigi muda yang sedang menjalani masa magang atau yang kerap disebut sebagai koas.

Aya mengenyam pendidikan Sekolah Dasar (SD) Negeri 6 Subulussalam dan melanjutkan pendidikan ke SMP Plus Dayah Athiyah Saree Aceh Besar. 

Kemudian, dia meneruskan pendidikan menengah atas atau SMA di Alfityan Boarding School Medan, Sumatra Utara.

Di Dayah Athiyah Saree Aceh Besar, Aya mampu menuntaskan hadalan Al-Quran 30 juz.

Oleh karena itu, selain sebagai dokter muda, Ayah juga seorang hafizah 30 juz.

Sejak di sekolah dasar, Aya memang dikenal sebagai murid berprestasi dan selalu mendapat ranking di sekolahnya.

Gadis tersebut pun menorehkan prestasinya sebagai hafizah sekaligus seorang dokter muda yang kini sedang menjadi co-asisstant dokter gigi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unsyiah, Banda Aceh.

Baca juga: Arab Saudi Keluarkan dari Mekah Lebih dari 300.000 Jemaah Haji Ilegal

Rasa vinta kepada Al-Quran memang mengalir dalam darah Aya. Selain Aya, sang kakak yang bernama Ghufran Zakira, alumni Fakultas Teknik Kimia Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, juga seorang hafiz 30 juz.

Aya berangkat haji menggantikan sang ibundanya, Rafnawati, yang telah meninggal dunia pada Maret tahun 2020 lalu.

Dia berangkat haji mendampingi sang ayah, Ir. Muzakir. dan akan terbang bersama 393 jemaah lainnya ke Jeddah, Arab Saudi, Senin (10/6/2024) pukul 11.04 waktu Indonesia barat (WIB) melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat