androidvodic.com

235 Jemaah Haji Khusus Asal Makassar Sudah Terima Kartu Nusuk Untuk Wukuf - News

Laporan wartawan AS Kambie dari Arab Saudi

News, JEDDAH - 235 jemaah haji khusus dari embarkasi Makassar sudah tiba di Makkah, Arab Saudi.

Mereka tergabung dalam 3 kloter PIHK PT Ananda Nurul Haromain.

Koordinator pembimbing ibadah haji khusus PT Ananda Nurul Haromain Kaswad Sartono mengatakan, 235 jemaah haji PT Ananda Nurul Haromain sudah menerima Kartu Nusuk (Nusuk Card, Bithaqah Nuzuk).

Kartu Nusuk ini menurut Kaswad Sartono memiliki fungsi kunci.

Kartu Nusuk merupakan kebijakan baru yang mensyaratkan hanya pemilik Kartu Nusuk yang bisa memasuki kawasan pelaksanaan puncak haji Arafah, Muzdalifah, dan Mina musim haji 1445 H.

Ketika ditanya terkait visa haji Jemaah PT Ananda, Kaswad yang juga Ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama (NU) Kota Makassar ini memastikan seluruh jemaah haji PT Ananda Nurul Haromain menggunakan visa haji resmi sesuai aturan yang dikeluarkan Kementerian Agama dan pemerintah Arab Saudi.

“Apa yang dilakukan oleh manajemen PT Ananda ini sesuai dan merujuk pada Peraturan Menteri Agama Nomor 5 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK),” jelas Kaswad Sartono.

Baca juga: Arab Saudi Usir 300 Ribu Jemaah Haji Ilegal dari Mekah

Disampaikan bahwa PT Ananda tahun ini memberangkatkan jemaah haji khusus sebanyak 235 orang yang dibagi dalam 3 kelompok penerbangan (kloter).

Kloter 1 terbang dari Makassar via pesawat Saudi Airlines Sebanyak 90 orang.

Kloter 2 sebanyak 45 orang via Qatar Airways, dan Kloter 3 sebanyak 100 jemaah via Emirates.

“Alhamdulillah berkat kerjasama Tim Petugas Haji Ananda di bawah komando Direktur PT Ananda Dr H Muliadi Iskandar, seluruh Jemaah Haji Khusus Ananda sudah selesai secara keseluruhan melaksanakan ibadah umrah mulai dari ihram, thawaf,sai, dan tahallul,” jelas Kaswad Sartono.

Baca juga: BPKH: Biaya Haji Melonjak Tajam Sejak Covid-19

Kini, seluruh Jemaah konsentrasi memantapkan manasik dan menjaga kesehatan guna mempersiapkan proses ibadah haji khususnya menghadapi wukuf di Arafah tanggal 9 Dzulhijjah yang bertepatan hari Sabtu 15 Juni 2024.

Amirul Hajj

Rombongan haji khusus dari Makassar yang dipimpin Kaswad Sartono tiba di Jeddah di hari yang sama dengan kedatangan Menteri Agama RI yang juga Amirul Hajj Indonesia 2024, Yaqut Cholil Qoumas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat