androidvodic.com

Smart Card Jadi Kunci Masuk Arafah Saat Puncak Haji, Bagaimana Jika Belum Punya Kartu? - News

News, MAKKAH - Tahun ini Kementerian Arab Saudi memberlakukan aturan ketat saat pelaksanaan operasional puncak Ibadah Haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

"Bahwa tahun ini seluruh jemaah akan melaksanakan puncak ibadah haji di jemaah haji yang legal. Smart Card jadi kunci masuk Arafah," kata Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, Selasa (11/6/2024).

Baca juga: Arab Saudi Larang Jemaah yang Tak Bawa Smart Card Masuk Armuzna

Perlu diketahui Smart Card ini adalah kartu elektronik yang dikeluarkan secara resmi oleh Kerajaan Arab Saudi untuk memudahkan jemaah dalam mengakses puncak haji haji di Tanah Suci.

Dalam keterangannya kepada Tim Media Center (MCH) 2024 termasuk News, Subhan mengatakan jika pada Senin (10/6/2024) malam, pihaknya menyaksikan simulasi keberangkatan haji dari Makkah ke Arafah memakai smart card.

Simulasi yang digelar Kementerian haji bersama Masyariq (pihak ketiga yang membantu pelaksanaan operasional haji) ini dalam rangka penerapan kebijakan Arab Saudi terkait ibadah haji, bahwa tahun ini seluruh jemaah akan melaksanakan ibadah haji di aemuzna jemaah haji yang legal.

simulasi smart card haji
Senin (10/6/2024) malam digelar simulasi keberangkatan haji dari Makkah ke Arafah memakai smart card.

Simulasi digelar ini disaksikan markaz dan maktab ini menunjukkan hasil jika skema keberangkatan jemaah dari Makkah ke Arafah berjalan tepat waktu.

Pantauan News di lokasi simulasi di sektor 6 kawasan Jarwal Makkah, simulasi melibatkan puluhan jemaah dan petugas haji untuk memeragakan bagaimana keberangkaytan nanti ke Arafah.

Baca juga: PPIH Kembali Ingatkan Jemaah Haji, Smart Card Jangan Sampai Hilang

Terlihat pihak Masyariq dan Maktab menempatkan petugas untuk memindai (scan) kartu pintar (smart card) jemaah dalam 3 perjalanan.

Hasil simulasinya, pemindaian smart card ini ada 40 orang jemaah terpindai dalam waktu 5 menit.

Kemudian perjalanan kedua selama 3,4 menit untuk 26 orang jemaah.

Dan terakhir 30 orang jemaah selesai dipindai kartunya dalam waktu 5,2 menit.

Subhan yakin jiak sesuai skema maka keberangkatana jemaah ke Arafah akan tepat waktu.

"Jika skema ini berjalan lancar maka Cukup cepat jika lancar jemaah bisa berangkat tepat waktu," katanya .

Pemindaian Kartu untuk Jemaah Haji Lansia dan Risti

Salah satu upaya pelayanan haji ramah lansia pada operasional pelayanan haji 1445H/2024 M adalah penyediaan bus shalawat khusus lansia.
Salah satu upaya pelayanan haji ramah lansia pada operasional pelayanan haji 1445H/2024 M adalah penyediaan bus shalawat khusus lansia. (News/ANITA K WARDHANI/MCH 2024)

Usai melakukan simulasi, Subhan dan pihak Masyariq menggelar pembicaraan dan menarik kesimpulan ada penegasan di beberapa titik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat