androidvodic.com

Cerita di Balik Terbentuknya Pansus Haji 2024, Ada Hujan Pertanyaan yang Tak Terjawab - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Anggota Panitia Khusus Hak Angket Penyelenggaraan Haji 2024 (Pansus Haji 2024) sekaligus anggota Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR 2024, Wisnu Wijaya Adiputra, menceritakan suasana saat dirinya terlibat dalam rapat sebagai Timwas bersama perwakilan dari Kemenag di Makkah beberapa waktu lalu.

Rapat tersebut, kata dia, menjadi cikal bakal tercetusnya ide untuk membentuk Pansus Haji 2024.

Baca juga: VIDEO Rapat Perdana Pansus Angket Haji Mendadak Ditunda, Agenda Awal Penetapan Pimpinan

Saat itu, kata dia, banyak pertanyaan yang diajukan Timwas dalam rapat yang tak bisa terjawab.

Hal itu disampaikannya saat wawancara eksklusif dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra di Kantor Tribun Network Palmerah Jakarta pada Kamis (18/7/2024).

"Jadi itu terjadi saat rapat kita di daker, daerah kerja di Makkah. Waktu itu pertanyaan saya terakhir, yang lainnya sudah bertanya para anggota, tapi sekian pertanyaan itu tidak bisa terjawab. Tidak terjawab mungkin karena dibutuhkan data," kata dia.

Baca juga: Batal Hari Ini, Rapat Perdana Pansus Haji Bakal Digelar Pekan Depan

"Sehingga di situlah muncul usulan dari Pak Saleh Daulay, dari Pak Cucun, Ketua Banggar, bahwasanya ini harapan kita tetap untuk layanan haji ke depan maka dibentuklah Pansus. Jadi sempat terjadi hujan pertanyaan, tetapi yang tidak bisa terjawab. Sehingga diputuskanlah saat itu juga untuk kemudian diadakannya pansus ini," sambung dia.

DPR sebelumnya resmi membentuk Pansus untuk mengevaluasi penyelenggaraan ibadah haji 2024 dalam Rapat Paripurna ke-21 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 pada Selasa (9/7/2024).

Pembentukan Pansus Hak Angket didasarkan pada hasil pemantauan Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI di Makkah, Arab Saudi, beberapa waktu lalu.

Namun, rapat perdana dengan agenda penetapan pimpinan Panitia Khusus (Pansus) Angket Haji DPR RI mendadak batal digelar pada Rabu (17/7/2024) kemarin.

Satu di antara alasannya adalah pimpinan DPR berhalangan hadir dalam rapat tersebut.

Baca juga: VIDEO WAWANCARA EKSKLUSIF Pengalihan Kuota Haji Tambahan, Anggota Pansus: Tak Ada yang Gratis

Untuk itu, rapat perdana pansus rencananya bakal digelar pekan depan.

"Insyaallah minggu depan kita rapat perdana," kata anggota Pansus Haji DPR RI fraksi PKB luluk Nur Hamidah, kepada wartawan Rabu (17/7/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat