androidvodic.com

Sebelum Mendarat, Pilot Asiana Mengaku Tidak Melihat Landasan Pacu - News

Laporan Wartawan News, Samuel Febriyanto

News, SANFRANSISCO - Penyelidikan awal kecelakaan pesawat Asiana Airlines, di Bandara Internasional San Fransisco, Amerika Serikat (AS), mendapati fakta bahwa pilot pesawat tidak dapat melihat landasan pacu saat akan mendaratkan pesawatnya.

Tiga dari empat orang pilot yang menerbangkan pesawat Asiana Airlines bernomor penerbangan 214, telah diwawancarai oleh Dewan Keselamatan Transportasi AS.

Dari situ, didapati bahwa seorang dari mereka yang bertugas mendaratkan pesawat, mengaku tidak bisa bisa melihat landasan pacu dari tempat duduknya.

"Perwira pertama, mengidentifikasi bahwa ia tidak bisa melihat landasan pacu dari posisi duduknya, karena hidung pesawat mengarah ke atas, sehingga ia tidak bisa melihat landasan pacu," ujar Ketua Dewan Keselamatan Transportasi AS, Deborah Hersman.

Dan ketika pilot instruktur mengatakan kepada menara kontrol bahwa ketinggian pesawat berada di ketinggian 500 kaki, dia baru menyadari pesawat terbang terlalu rendah.

Penyidik sebelumnya menyatakan bahwa selang 1,5 detik sebelum pesawat jatuh, seorang pilot pesawat meminta menara kontrol untuk membatalkan pendaratan. (channelnewsasia.com)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat