androidvodic.com

Terkuak, Misteri Senyuman Lukisan 'Mona Lisa' - News

News, SHEFFIELD - Ilmuwan mengaku telah memecahkan rahasia di balik senyum 'Mona Lisa', sebuah lukisan terpopuler di dunia karya Leonardo da Vinci.

Menurut hasil studi para ahli dari Inggris, kuncinya terletak pada tingkat 'blur'-nya.

Yang selama ini menjadi misteri terbesar di dunia seni adalah senyum sosok wanita yang ada dalam lukisan 'Mona Lisa' tersebut.

Disebut menyimpan misteri karena, menurut The Independent, sekilas mulut wanita itu memang terlihat seperti tersenyum.

Namun, jika dilihat lebih dekat dan jelas lagi, akan terlihat mulutnya malah seperti mengerut, layaknya sedang bersedih.

Berupaya menelusuri jawabannya, para ahli menemukan lukisan lain yang diyakini karya Leonardo pada abad 15 dan ternyata sama-sama memiliki efek visual "senyuman yang tak tergambarkan", yaitu lukisan 'La Bella Principessa'.

Menurut seorang ahli di bidang persepsi visual, Dr Alessandro Soranzo, lukisan 'La Bella Principessa' memuat seorang gadis umur 13 tahun bernama Bianca Sforza, yaitu putri dari Duke of Milan.

Mempelajari lukisan tersebut dan membandingkannya dengan sebuah lukisan karya pelukis lain, yang sama-sama melukis seorang wanita, tim ahli menemukan bahwa efek senyum yang seperti mulut mengerut itu adalah hasil pengaruh jarak pandang dan tingkat blur yang diaplikasikan ke lukisan ketika dilukis.

Dikatakan Leonardo memiliki teknik tersendiri, yaitu menambahkan blur berintensitas tertentu, yang sengaja diaplikasikannya untuk menciptakan ilusi dua persepsi itu.

"Atas kemahiran teknik melukis Da Vinci dan pengaplikasiannya di 'Mona Lisa', dapat diyakini bahwa efek ambigu yang didapat dibuat secara sengaja," kata Dr Alessandro, dalam makalah studi yang dilakukan para ahli dari Sheffield Hallam University dan Sunderland University ini. (The Independent/Daily Mail)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat