androidvodic.com

Indonesia Jadi Tuan Rumah AIPA Caucus Ke-9 - News

News – Selasa (18/7), sidang ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) Caucus Ke-9 yang berlangsung di Indonesia merupakan salah satu upaya untuk memperkuat kerja sama parlemen se-Asia Tenggara.

Banyak persoalan yang bisa menjadi potensi konflik, sehingga Maritime Cooperation dan Peace and Civility in ASEAN pun diangkat menjadi tema utama sidang tersebut.

“Saat ini masih terjadi beberapa persoalan yang dihadapi negara ASEAN seperti sengketa laut, narkoba hingga perdagangan manusia. Diharapkan hasil sidang nanti mampu memberikan solusi bagi persoalan tersebut di masing-masing negara,” ujar Fadli Zon di hadapan 10 parlemen se-ASEAN di Hotel Fairmont, Jakarta.

“Di ASEAN, Indonesia salah satu negara yang 80 persen adalah kawasan maritim, ini mempunyai potensi besar untuk hal positif seperti perdagangan. Di sisi lain juga ada potensi konflik terkait sengketa, seperti di Laut Cina Selatan yang punya dampak langsung di ASEAN,” terang politisi Gerindra ini.

Melalui pertemuan ini, lanjut Fadli, diharapkan terjadi sinkronisasi dalam mencari solusi untuk berbagai persoalan di ASEAN. Salah satu  yang ingin dibicarakan terkait kesepakatan legislasi.

Dalam kesempatan tersebut, Sekjen AIPA Isra Sunthornvut berharap pertemuan ini mampu menghasilkan kesepakatan yang mampu mendorong kemajuan di Asia Tenggara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat