androidvodic.com

Empat Hal Menarik Bagi Warga Jepang Terkait Pertemuan Korea Selatan dan Korea Utara - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Pertemuan antara Korea Utara dan Korea Selatan dipimpin Kim Jong Un dan Moon Jae-in dilakukan di daerah perbatasan kedua negara.

Ada empat hal menarik menjadi catatan para warga Jepang terkait pertemuan kedua pemimpin negara itu.

"Kita lihat bergandengan tangan selalu dilakukan kedua kepala negara, padahal ini bukan hal wajar di Korea. Mungkin baru dilakukan akhir-akhir ini di Korea dan itu juga tidak apa-apa," kata Lee, pengajar di Universitas Kumagaya Jepang, Sabtu (28/4/2018).

Kedua pemimpin dunia itu selalu bergandengan tangan saat berjalan, dimulai saat Kim Jong Un memasuki garis pemisah antara Korea Selatan dan Korea Utara, saling memasuki wilayah masing-masing.

Soal penanaman pohon perdamaian ada dua hal menarik.

"Pohon itu dari masing-masing wilayah. Yang ditanam Presiden Korea Selatan adalah pohon dari Korea Utara yang menarik. Demikian pula pohon dari daerah terkenal di Korea Selatan ditanam oleh Ketua Partai Komunis Korea Utara tersebut," ujarnya.

Baca: Malam-malam Polisi Ajak Dua Saksi Prarekonstruksi Kasus Perampokan Uang ATM Rp 1,8 Miliar

Bukan hanya soal pohon, tetapi air dan tanah yang dipakai di tugu batu perdamaian di tempat penanaman pohon, juga dari daerah masing-masing sehingga tanahnya kelihatan berbeda.

Demikian pula airnya dari sungai terkenal masing-masing daerah juga berbeda dan mereka saling menyirami satu sama lain.

Lalu yang keempat menarik diperhatikan adalah makanan yang disantap di Rumah Perdamaian di border antara kedua negara yang keseluruhan acara pertemuan di daerah demarkasi militer (DMZ) adalah makanan kesayangan Kim Jong Un.

Makanan itu adala, bakmi dingin Korea Utara, Naengmyeon, yang dibuat pada saat itu juga di bangunan penjagaan Korea Utara dekat DMZ tersebut, lalu bersama-sama disantap Presiden Korea Selatan di dalam Rumah Perdamaian di DMZ.

Di dalam rumah perdamaian itu pula mereka melihat projection mapping mengenai acara budaya kedua negara, dan memunculkan pula gambar langsung kedua pimpinan di tembok bangunan tersebut.

Baca: Kemenaker Diminta Cek Langsung Temuan Ombudsman soal Serbuan TKA di 7 Provinsi

Kim Jong Un selalu didampingi adiknya, Kim Yo-jong saat pertemuan kedua negara.

Tentu saja pada saat jamuan makan siang dan malam kedua pemimpin juga didampingi istrinya masing-masing dan berfoto berempat bersama sebagai tanda persahabatan.

Hal ini juga menjawab kemungkinan persatuan kedua negara dan penghentian militerisasi nuklir terutama oleh Korea Utara sesuai sembilan kesepakatan masing-masing negara tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat