androidvodic.com

Singkirkan Dolar, Turki Akan Gunakan Mata Uang Sendiri dalam Perdagangan dengan Rusia dan Tiongkok - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, ANKARA - Turki telah memberikan lampu hijau terkait proposal yang diajukan Rusia untuk beralih ke perdagangan yang menggunakan mata uang Rubel dan Lira antara kedua negara itu.

Negara yang dipimpin Presiden Recep Tayyip Erdogan tersebut juga berencana untuk melakukan hal yang sama dengan Tiongkok dan negara lainnya.

Baca: Jelang Pernikahannya dengan Denny Sumargo, Dita Soedarjo Belajar Cuci Baju

"Kami sedang membahas transisi ke mata uang nasional, tidak hanya dengan Rusia dan Tiongkok, namun juga dengan negara lain, itu bukan hanya permintaan Turki, di negara lain juga ada reaksi terhadap serangan AS," kata Juru Bicara Kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin.

"Banyak negara menentang tekanan dolar AS yang dianggap sebagai alat pemaksaan politik dan ekonomi, dan kami melihat bahwa permintaan pembayaran dalam mata uang nasional antar negara yang berbeda ini semakin meningkat," tambah Kalin.

Baik mata uang Rusia dan Turki, telah terkena sanksi Amerika Serikat (AS) dan telah kehilangan setengah dari nilai mereka terhadap greenback sejak 2014 dan 2018, meskipun kinerja ekonomi masing-masing relatif kuat.

Pada Jumat lalu, Presiden AS Donald Trump menggandakan tarif pada alumunium dan baja dari Turki, sebagai tanggapan atas penahanan seorang warga negara AS.

Seorang Pastor Amerika Andrew Brunson diketahui, telah ditahan atas tuduhan terorisme di Turki.

Ia menghadapi hukuman 35 tahun penjara atas dugaan perannya dalam kudeta yang digagalkan pada 2016 lalu.

Dikutip dari laman Russia Today, Kamis (16/8/2018), tekanan politik dan ekonomi dari AS menyebabkan Lira Turki anjlok ke level terendah dalam sejarah terhadap dolar AS.

Turki pun telah menanggapi tekanan tersebut dengan mengancam memboikot gadget AS termasuk produk Apple 'iPhone'.

Selain itu juga menyasar sejumlah komoditi dari AS, beberapa diantaranya meliputi tembakau, alkohol, mobil, dan kosmetik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat