androidvodic.com

Wakil PM Jepang Pun Pakai Nama Fransiskus Seperti Nama Paus - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - PM Jepang Shinzo Abe menyampaikan bahwa Wakil PM Jepang pun juga punya nama yang sama Fransiskus yaitu nama baptis Taro Aso sebagai orang Katolik.

"Saya dengar Paus ingin sekali datang ke Jepang sejak ia masih muda. Banyak orang datang ke sini kantor PM Jepang hari ini berharap untuk bertemu platform semacam bersama. Salah satunya Wakil PM Jepang Taro Aso ada di sini. Dia memiliki nama baptisan yang sama dengan Fransiskus, Paus kita tercinta. Saya pikir mungkin banyak orang terkejut mendengar hal ini," papar PM Abe kemarin (25/11/2019) saat bertemu Paus Fransiskus.

Selain itu PM Abe juga menyinggung soal nuklir.

"Jepang adalah negara dengan misi untuk memimpin upaya masyarakat internasional menuju perwujudan "dunia tanpa senjata nuklir" sebagai satu-satunya negara yang dibom perang, korban bom atom," tekannya.

Abe menyatakan berusaha untuk mempromosikan dialog sambil berusaha menjembatani antara negara-negara senjata nuklir dan negara-negara senjata non-nuklir agar dunia bebas senjata nuklir.

"Kami di Jepang mengejar perdamaian dan kebebasan dan tidak goyah. Sebagai Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, yang sekarang sudah meninggal, Sadako Ogata telah menyebarkan hal2 positif tersebut ke dunia. Filosofi yang paling penting adalah memperkuat setiap orang dan memiliki harapan untuk masa depan. Jepang terus memelihara orang-orang muda yang percaya akan hal ini dan bertindak selain percaya. Inilah yang saya dan warga negara Jepang banggakan. Pada saat ini, anggota pemuda Relawan Kerjasama Luar Negeri Jepang terus bekerja di daerah-daerah termiskin di dunia. Mereka adalah orang-orang muda yang memiliki keuletan dan bersedia memberi harapan kepada orang miskin, yang lemah, perempuan, dan anak-anak, terlepas dari malaria."

Di sisi lain, menurut PM Abe, sekarang kita menikmati kedamaian, ada orang-orang yang dianiaya. Ada orang yang berada di penjara tanpa alasan dan menunggu pembebasan mereka.

"Seperti kata Paus "Proteger toda vida", yaitu, "Mari kita lindungi semua kehidupan", kita tidak boleh meninggalkan sebagai satu-satunya orang dalam keputusasaan seperti itu . Kami menghargai kebebasan dan menghormati hak asasi manusia, dan kami harus menyelamatkan mereka yang tidak bisa melihat cahaya harapan dan hanya bisa menemukan keputusasaan."

PM Abe menyatakan selalu melihat dengan cermat pada Paus, yang selalu terus menerus dekat dengan orang-orang miskin dan kurang mampu.

"Saya juga memperbarui tekad saya untuk bergerak maju untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Saya ingin mengakhiri salam dengan mengutip satu dari kata-kata Paus.

“Tantangannya adalah mengatasi". Mari kita hadapi kenyataan, berani, berharap dan berdedikasi tanpa kehilangan sukacita," tekan Abe lagi.

Sementara Paus menekankan harapannya agar persenjataan nuklir bisa dihilangkan di muka bumi ini.

"Secara historis, ada banyak peluang untuk pertukaran antara kedua negara, dan berkat misi budaya dan diplomatik yang telah memperdalam hubungan, kami mampu mengatasi ketegangan dan kesulitan besar. Pertukaran semacam ini juga bermanfaat bagi kedua negara di tingkat pemerintahan," ungkap Paus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat