androidvodic.com

Misi Pengawasan Laut China Selatan, AS Kirimkan Pesawat Militer untuk Lacak Kapal Selam China - News

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Angkatan Udara Amerika Serikat mengirim pesawat militer ke Selat Bashi dalam perjalanan ke Laut China Selatan pada Jumat (26/6/2020) dalam misi yang disebut oleh para pengamat sebagai misi untuk melacak kapal selam milik China daratan.

Prakarsa Penelusuran Situasi Strategis Laut China Selatan, sebuah lembaga think tank China daratan di bawah Universitas Peking, mengatakan tiga pesawat tempur Amerika, yakni pesawat pengintai EP-3, sebuah pesawat anti-kapal selam P-8A dan sebuah pesawat pengisian bahan bakar udara KC-135, muncul di Bashi Channel antara pukul 10 pagi dan siang hari waktu setempat.

Dilansir oleh South China Moring Post, dalam bagan yang diposting online, lembaga think tank mengatakan ketiga pesawat terbang sebentar ke bagian barat daya zona identifikasi pertahanan udara Taiwan menuju Bashi Channel dan kemudian menuju ke laut China Selatan.

"US EP-3E (AE1D91) sedang melakukan pengintaian kembali di #SouthChinaSea, 26 Juni. P-8A dan KC-135 sedang menindaklanjuti, 26 Juni," kata lembaga think tank dalam tweet.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Taiwan menolak untuk mengomentari gerakan militer AS.

Mereka mengatakan bahwa pihaknya sepenuhnya menyadari kegiatan militer asing di sekitar Taiwan dan bahwa angkatan bersenjata melakukan pekerjaan mereka untuk memastikan keamanan pulau itu dan keselamatan masyarakat Taiwan.

Baca: Jepang Awasi Aktivitas Membahayakan yang Dilakukan China di Laut Perbatasan India-Hong Kong

Baca: Di Tengah Ketegangan dengan China, India Minta Rusia Percepat Pengiriman Rudal dan Jet Tempur

Kapal-kapal Amerika Serikat di perairan Laut China Selatan, berdekatan dengan teluk Filipina.
Kapal-kapal Amerika Serikat di perairan Laut China Selatan, berdekatan dengan teluk Filipina. (AFP)

Tetapi dikatakan bahwa sebuah pesawat perang Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) secara singkat mendekati barat daya ADIZ Taiwan pada awal Jumat sore dan diperingatkan oleh angkatan udara Taiwan, yang bergegas jet untuk membayangi pesawat.

BACA SELENGKAPNYA --->

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat