androidvodic.com

KBRI Roma Pulangkan Tiga ABK Indonesia saat Pandemi Covid-19 - News

News, ROMA -- KBRI Roma membantu fasilitas kepulangan tiga WNI Anak Buah Kapal (ABK) yang bekerja di kapal nelayan Italia.

Ketiganya bertolak ke Indonesia pada Jumat, 14 Agustus 2020 dari Bandara Fontanarossa Catania, Provinsi Sicilia, Italia dan akan tiba di Indonesia pada 15 Agustus 2020.

KBRI Roma menyampaikan pentingnya seluruh pihak terkait untuk mentaati peraturan dan ketentuan yang berlaku, termasuk ketentuan ketenagakerjaan di Eropa, serta pentingnya penghormatan dan pemenuhan hak-hak ABK.

"Pada pertengahan Juli 2020, KBRI Roma menerima laporan adanya masalah yang menimpa seorang ABK. Satu hari setelah menerima laporan, KBRI melakukan upaya pendampingan dan perlindungan termasuk melakukan pertemuan dengan pihak-pihak terkait di Anzio," ujar Danang Waskito, Fungsi Penerangan Budaya, Sosial, dan Budaya KBRI Roma diketerangannya, Sabtu (15/8/2020).

Baca: 1.172 WNI Jemaah Tabligh Tertahan di 13 Negara Akibat Pandemi Covid-19

KBRI selanjutnya melakukan pertemuan lanjutan dengan pihak terkait lainnya untuk mendorong perlindungan dan pemenuhan hak-hak ABK.

Di samping itu, KBRI Roma juga melakukan berbagai pertemuan virtual dalam rangka memahami konteks masalah tersebut.

"Upaya komunikasi dan koordinasi tersebut membuahkan hasil dengan pemulangan ketiga WNI ABK atas biaya pemilik kapal serta pembayaran penuh gaji ketiganya," ungkap dia.

Baca: Kasus WNI Covid-19 di Arab Saudi Tinggi, ada 203 Orang Positif

KBRI Roma menyampaikan kembali komitmen kuat Perwakilan RI untuk melakukan perlindungan WNI di negara akreditasi.

Dalam kesempatan tersebut KBRI Roma menyampaikan surat jalan dan bantuan masker serta face shield kepada ketiga orang ABK.

Sementara satu ABK yang masih bekerja di kapal nelayan Italia, KBRI Roma memberikan bantuan logistik berupa mie instant, makanan kering, masker, vitamin dan obat-obatan.

Keempat WNI ABK tiba di Milazzo, Italia pada akhir Februari 2020.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat