androidvodic.com

10.891 Warga Jepang Diungsikan Antisipasi Taifun No.10 - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Sedikitnya 5.408 rumah tangga atau 10.891 warga Jepang diungsikan gara-gara kedatangan taifun No.10 ke seletan Jepang mulai Okinawa Kitakyushu Kumamoto, Kagoshima dan sebagainya, Minggu (6/9/2020).

"Angin taifun kali ini bahaya sekali, dengan kekuatan 920 hPa sangat kuat dan diharapkan warga dalam kewaspadaan semua dan mencoba mengungsi ke tempat yang telah disediakan pemda setempat," ungkap seorang pejabat Badan Meteorologi Jepang kepada News, Sabtu (5/9/2020).

Topan No. 10 yang besar dan sangat kuat mendekati wilayah Kepulauan Senkaku di Perfektur Okinawa, dan kecepatan angin seketika maksimum melebihi 50 meter di pulau tersebut.

Taifun akan mendekati dan mendarat di Kyushu pada tanggal 7 September besok.

Prakiraan masuknya taifun No.8 ke Okinawa Jepang mulai Minggu (23/8/2020).
Prakiraan masuknya taifun No.8 ke Okinawa Jepang mulai Minggu (23/8/2020). (Foto NHK)

Badan Meteorologi Jepang sangat mengimbau bahwa tindakan diambil sebelum topan mendekat, karena hal itu dapat menyebabkan badai yang memecahkan rekor, gelombang tinggi, air pasang, dan hujan lebat yang belum pernah dialami sebelumnya.

Menurut pengumuman Badan Meteorologi Jepang, topan besar dan sangat kuat No. 10 bergerak ke utara-barat laut dengan kecepatan 15 km per jam di laut 40 km barat daya Pulau Minami Senkaku pada pukul 11.00 pada tanggal 5 September kemarin.

Tekanan udara pusat 920 hektar, kecepatan angin maksimum di dekat pusat adalah 50 meter, dan kecepatan angin seketika maksimum 70 meter.

Baca: Besok Taifun No.8 Memasuki Okinawa Jepang, Disusul Kyushu

Hujan juga semakin deras, dan di Kota Tanegashima, Tanegashima, Prefektur Kagoshima, mengamati hujan yang sangat lebat sebesar 53 mm dalam satu jam hingga pukul 20.30 kemarin.

Di Kyushu selatan, rekor badai, gelombang tinggi, dan gelombang pasang tinggi yang belum pernah dialami dapat menyebabkan kerusakan serius.

Badan Meteorologi Jepang telah menyerukan kewaspadaan terbesar, dengan mengatakan bahwa ada kemungkinan besar bahwa peringatan topan khusus akan dikeluarkan ke Perfektur Kagoshima kecuali wilayah Amami pada pagi hari tanggal 6 September ini.

Hokuriku Shinkansen yang terendam banjir akibat taifun No.19 lalu
Hokuriku Shinkansen yang terendam banjir akibat taifun No.19 lalu (Richard Susilo)

Badai diperkirakan akan bertiup pada tanggal 6 di wilayah Daitojima, dan tanggal 6 hingga 7 September di wilayah Amami dan Kyushu selatan, dan ada kemungkinan juga akan ada angin kencang yang dapat meruntuhkan beberapa rumah.

Laut diperkirakan akan menjadi ganas di Okinawa/Amami dan Jepang barat pada tanggal 7 September, dan di sisi Pasifik timur Jepang pada tanggal 6 hingga 7 September besok.

Sementara itu baru terbit Buku "Rahasia Ninja di Jepang", pertama di dunia cerita non-fiksi kehidupan Ninja di Jepang dalam bahasa Indonesia, silakan tanyakan ke: info@ninjaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat