androidvodic.com

Dubes AS untuk China Terry Branstad akan Pensiun, Tapi Amerika Belum Beri Kabar tentang Penggantinya - News

News - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk China Terry Branstad mengundurkan diri dari jabatannya di tengah ketegangan yang meningkat antara dua raksasa ekonomi dunia itu.

Berita ini disampaikan Kedutaan Amerika lewat pernyataan pada Senin (14/9/2020).

Mengutip South China Morning Post, menurut analis, kepergian Terry Branstad, yang pernah disebut Beijing sebagai 'teman lama rakyat China', akan memberikan pukulan lagi bagi hubungan AS-China di tengah ketakutan akan konfrontasi Perang Dingin.

"(Branstad) akan pensiun dari posisinya sebagai utusan AS dan meninggalkan Beijing pada awal OKtober 2020," ungkap Kedutaan.

"Duta Besar tersebut mengkonfirmasi keputusannya kepada Presiden (Donald) Trump melalui telepon minggu lalu," tambahnya.

Baca: Selasa Sore, Rupiah Ditutup Menguat ke Rp 14.845 per Dolar AS, Berikut Pergerakan Mata Uang di Asia

Terry Branstad, duta besar AS untuk China, pada 2017.
Terry Branstad, duta besar AS untuk China, pada 2017. (Ap news)

 

Baca: Duta Besar AS untuk China, Terry Branstad Mundur dan Bersiap Tinggalkan Beijing

Tetapi, terkait pensiunnya Branstad dari Beijing, Amerika belum memberi kabar tentang siapa penggantinya.

Membahas Kampanye Putra Duta Besar

Selama akhir pekan, Trump mengatakan Branstad akan kembali ke AS dan memuji upaya kampanye putra Duta Besar AS tersebut, Eric Branstad.

"Ayah Eric pulang dari China karena dia ingin berkampanye," kata Trump, dalam panggilan telepon dengan pendukung Senator Republik Iowa, Joni Ernst.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin pada Senin (14/9/2020) mengatakan, Beijing belum diberitahu tentang kepergian Branstad.

Sumber diplomatik China mengkonfirmasi keputusan Washington untuk menggantikan Branstad, tetapi mengatakan langkah itu "sebagai kejutan".

"Itu sangat tidak terduga," kata seorang sumber yang mengetahui situasi tersebut.

Duta Besar Amerika, menurut sumber itu, hingga saat ini, sibuk berusaha memperbaiki hubungan dan menjaga saluran komunikasi tetap terbuka meskipun ada tanda-tanda percepatan ekonomi, teknologi, dan politik. pemisahan dua kekuatan.

Baca: Di Tengah Pandemi, Donald Trump Nekat Gelar Kampanye Indoor

Menurut pernyataan Kedutaan, Branstad mengatakan kepada stafnya pada Senin, bahwa dirinya merasa bangga dengan pekerjaannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat