androidvodic.com

7 Sorotan Debat Trump vs Biden: Persoalkan Anak hingga Mendebat Balik Pertanyaan Moderator - News

News - Dua calon presiden AS yakni Donald Trump dan mantan Wapres Joe Biden baru saja melewati debat pertama mereka, Selasa (29/9/2020) malam waktu AS atau Rabu pagi WIB.

Hampir sepanjang debat itu, keduanya saling menginterupsi satu sama lain soal pandemi corona, Mahkamah Agung, ekonomi, bahkan menyinggung keluarga masing-masing.

"Maukah kamu tutup mulut, bung?" bentak Biden pada Trump di satu kesempatan.

"Anda adalah presiden terburuk yang pernah dimiliki Amerika," katanya kemudian.

Baca: 5 Sorotan dalam Debat Perdana Capres AS 2020 Donald Trump vs Joe Biden

Baca: Joe Biden Tuding Donald Trump Sudah Tahu Covid-19 Bahaya, Namun Pilih Bungkam

Presiden AS Donald Trump dan calon presiden dari Partai Demokrat sekaligus mantan Wakil Presiden AS Joe Biden mengambil bagian dalam debat presiden pertama di Case Western Reserve University dan Cleveland Clinic di Cleveland, Ohio, pada 29 September 2020.
Presiden AS Donald Trump dan calon presiden dari Partai Demokrat sekaligus mantan Wakil Presiden AS Joe Biden mengambil bagian dalam debat presiden pertama di Case Western Reserve University dan Cleveland Clinic di Cleveland, Ohio, pada 29 September 2020. (SAUL LOEB / AFP)

"China makan siang Anda," balas Trump pada Biden selama pertanyaan tentang ekonomi.

Bahkan moderator debat, Chris Wallace dari Fox News mengisyaratkan bahwa dia tidak tahan dengan saling olok antar kedua capres ini.

"Aku benci meninggikan suaraku, tapi mengapa aku tidak boleh berbeda dari kalian berdua?" kata pembawa acara yang kesal itu pada satu titik.

Berikut sejumlah poin dalam debat Trump vs Biden yang patut disorot menurut CNBC

1. Mahkamah Agung

Pertanyaan pertama mempersoalkan Trump yang menominasikan Hakim konservatif Amy Coney Barrett untuk mengisi kursi yang kosong setelah Hakim Ruth Bader Ginsburg meninggal.

"Kami memenangkan pemilihan. Pemilu memiliki konsekuensi," buka Trump.

Biden menjawab dengan mengatakan bahwa rakyat AS punya hak bersuara dan mestinya pemerintah menunggu pencalonan itu setelah pemilihan presiden.

Belum sampai selesai, Trump menginterupsi pernyataan Biden hingga keduanya berdebat soal rekam jejak Barret dan banyak hal lain.

Wallace ikut campur setelah beberapa percakapan, dan dirinya mulai bertengkar dengan Trump.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat