androidvodic.com

Sumber Diplomatik, Jerusalem Post: Oman dan Indonesia Kemungkinan Akan Jalin Hubungan dengan Israel - News

Laporan Wartawan News, Srihandriatmo Malau

News, YERUSALEM -- Oman dan Indonesia kemungkinan akan menjadi negara berikutnya yang akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dalam beberapa minggu mendatang.

Hal itu disampaikan seorang sumber diplomatik seperti dilansir Jerusalem Post, Minggu (13/12/2020).

Pemerintahan Trump terus melanjukan  upayanya untuk membawa lebih banyak negara Arab dan Muslim ke dalam Perjanjian Abraham .

 Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan dan Maroko telah menyetujui normalisasi hubungan dengan Israel. Sementara normalisasi Maroko diumumkan pada Jumat pekan lalu.

Baca juga: Maroko, Negara Arab Keempat yang Normalisasi Hubungan dengan Israel, Hamas: Ini Adalah Dosa

Setelah Bhutan setuju untuk menjalin hubungan dengan Israel di luar kerangka kesepatan, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada Sabtu (12/12/2020) malam mengatakan Israel "berhubungan dengan negara-negara lain yang ingin bergabung dan menjalin hubungan dengan negaranya."

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence berencana mengunjungi Israel pada Januari 2021, seperti yang pertama kali dilaporkan Jerusalem Post pekan lalu. Hal itu disampaikan Menteri Kerja Sama Regional Ofir Akunis (Likud) kepada Radio Angkatan Darat, pada Minggu (13/12/2020).

Sementara di Israel, Menteri Luar Negeri Israel Mike Pence akan mengumumkan negara lain yang akan menjalin hubungan dengan Israel.

Baca juga: Menantu Presiden Trump, Jared Kushner : Normalisasi Israel-Saudi Adalah Keniscayaan

Sumber diplomatik mengidentifikasi Oman dan Indonesia sebagai dua negara yang pembicaraannya telah mengalami kemajuan  dan dengan siapa normalisasi dapat diumumkan sebelum Presiden AS Donald Trump meninggalkan jabatannya  pada 20 Januari 2021.

Menteri Intelijen Eli Cohen juga menyebut Indonesia dalam sebuah wawancara Radio Angkatan Darat.

Namun, Kementerian Luar Negeri Indonesia membantahnya dan menegaskan kembali dukungannya terhadap Palestina, demikian dilaporkan CNN Indonesia.

Di sisi lain, penasihat Keamanan Nasional AS Robert O'Brien mengatakan lebih banyak kesepakatan normalisasi Israel-Arab sedang dalam proses, ketika ia bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada  Minggu (13/12/2020) di Yerusalem.

Baca juga: Telah Komunikasi dengan Alien, Mantan Kepala Keamanan Luar Angkasa Israel Beri Pengakuan Mengejutkan

"Momentumnya sekarang berada di pihak para pembuat perdamaian," kata O'Brien.

Ia menambahkan,"negara lain akan mengikuti karena cara perdamaian jauh lebih baik daripada cara yang ditawarkan oleh teroris ... dan ulama radikal."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat