androidvodic.com

Pemerintah Jepang Dikritik Lamban Mengantisipasi Penyebaran Covid-19, PM Suga Upayakan Strategi Baru - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dinilai terlambat membuat kebijakan dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Jepang.

Menanggapi hal itu, PM Jepang dikabarkan menemui Menteri Revitalisasi Ekonomi Yasutoshi Nishimura 12 Januari lalu untuk membicarakan terkait antisipasi penanganan Covid-19.

"Tanggal 12 Januari PM Jepang berkonsultasi dengan Menteri Nishimura untuk menambah wilayah sasaran deklarasi darurat siaga satu (PSBB) di Jepang," ungkap sumber News, Kamis (14/1/2021).

Sasarannya ternyata Prefektur Fukuoka, yang tidak meminta dilakukan PSBB. Berbeda dengan Osaka dan daerah lainnya yang meminta pusat agar mengumumkan PSBB.

"Hal itu adalah kasus luar biasa yang dipimpin oleh pemerintah sejalan dengan penunjukan Prefektur Osaka dan Aichi sebagai wilayah metropolitan di mana populasi terkonsentrasi," ujarnya.

Sumber mengungkapkan Menteri Nishimura menelepon Gubernur Fukuoka Hiroshi Ogawa pada tanggal 12 Januari dan mengatakan kepadanya bahwa dia ingin menargetkan Fukuoka untuk mencegah penyebaran virus corona.

Baca juga: Jumlah Warga Terinfeksi Corona Saat Olimpiade Jepang Bisa 1.000 Per Hari Jika Tak Ada Tindakan Ketat

Gubernur Fukuoka sebenarnya merasa enggan, tapi Menteri Nishimura mengatakan, "Saya tidak memikirkan tentang penunjukan tambahan (di masa depan). Ini kapal terakhir."

Belakangan ini PM Jepang dianggap hanya melakukan PSBB jika sudah ada permintaan dari Gubernur daerah.

Baru kali ini Gubernur Fukuoka tak meminta apa pun, malah ditambahkan ke lokasi PSBB menjadi 11 wilayah di Jepang yang menetapkan PSBB sejak kemarin hingga 7 Februari 2021.

Meskipun demikian penyebaran infeksi virus corona belum menurun, dan tidak ada jaminan bahwa target tersebut tidak akan diperluas di masa mendeatang.

Tanggapan pemerintah yang tidak konsisten telah menyebabkan kritik keras dan pedas dan pernyataan yang ceroboh menempatkan pemerintahan pada posisi yang lebih ketat.

Seorang eksekutif partai liberal demokrat (LDP), yang mendengar pernyataan Nishimura, menyatakan ketidaknyamanannya.

Baca juga: Latihan Militar Pasukan SDF Jepang Dengan Tetap Menggunakan Masker

"Saya butuh sesuatu yang ekstra," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat