androidvodic.com

Hasil Uji Klinis di Inggris: Vaksin Novavax 89 Persen Efektif Cegah Covid-19 - News

News, LONDON — Hasil uji coba fase ketiga di Inggris menunjukkan vaksin Covid-19 ‘Novavax’ terbukti 89,3 persen efektif melindungi penggunanya dari virus corona.

Hal itu berdasarkan keterangan resmi Novavax Inc pada Kamis (28/1/2021) waktu setempat, seperti dilansir BBC, Jumat (29/1/2021).

 “Vaksin Novavax terbukti 89,3 persen efektif mencegah Covid-19 pada peserta dalam uji klinis Fase 3 di Inggris, tercatat jumlah relawan lebih dari 15.000 orang berusia antara 18-84 tahun, 27 persen di antaranya di atas 65 tahun ,” jelas Novavax.

Hasilnya didasarkan pada 62 orang terinfeksi Covid-19 dari 15 ribu peserta uji coba.

Perusahaan mengatakan 56 orang diberikan plasebo dan enam orang lainnya diberikan vaksin Novavax.

“Itu menghasilkan perkiraan kefektifan vaksin sebesar 89,3 persen,” demikian keterangan resmi Novavax.

Dengan hasil ini, perusahaan Novavax"memiliki potensi untuk memainkan peran penting dalam menyelesaikan krisis kesehatan masyarakat global ini," kata CEO Novavax Stanley Erck dalam sebuah pernyataan.

"Kami berharap dapat terus bekerja sama dengan mitra, kolaborator, peneliti, dan regulator kami di seluruh dunia untuk membuat vaksin tersedia secepat mungkin."

Uji klinis ini juga menemukan vaksin tampaknya 85,6 persen efektif terhadap varian baru yang ditemukan di Inggris, yang dikenal sebagai B.1.1.7.

Stan Erck, Direktur Eksekutif Novavax, mengatakan hasil dari uji coba di Inggris "spektakuler" dan "sesuai yang diharapkan."

Dia mengatakan kepada BBC, pabrik manufaktur di Stockton-on-Tees harus siap dan mulai berjalan pada Maret atau April 2021, dengan harapan akan mendapatkan persetujuan untuk vaksin dari MHRA sekitar waktu yang sama.

Baca juga: Vaksin Novavax Diklaim Ampuh terhadap Covid-19, tapi Tidak dengan Varian Baru di Afrika Selatan

Menteri Kesehatan Matt Hancock mengatakan Layanan Kesehatan Nasional (NHS) "siap" untuk menggelar vaksinasi, jika disetujui.

Dia berkata: "Ini adalah kabar gembira dan, jika disetujui oleh regulator obat-obatan, vaksin Novavax akan menjadi dorongan yang signifikan untuk program vaksinasi kami dan senjata lain di gudang senjata kami untuk mengalahkan virus mengerikan ini.”

"Saya bangga Inggris berada di garis depan terobosan medis dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para ilmuwan dan peneliti yang brilian, serta puluhan ribu relawan tanpa pamrih yang mengambil bagian dalam uji klinis," ujarnya.

Prof Paul Heath, Direktur Penyelidik Uji coba Novavax Inggris, mengatakan: "Ini adalah temuan yang sangat menarik dan menunjukkan ini adalah vaksin Covid-19 yang sangat efektif dan aman - yang penting juga menunjukkan bahwa ini adalah vaksin yang efektif melawan varian Inggris yang telah menyebar begitu cepat." 

Novavax adalah di antara beberapa perusahaan yang mengembangkan vaksin untuk melawan virus, yang telah menginfeksi lebih dari 101 juta orang di seluruh dunia dan menewaskan sedikitnya 2,2 juta pada hari Kamis (28/1/2021), menurut data yang dihimpun oleh Johns Hopkins University.

Sejauh ini hanya dua vaksin - dari Pfizer dan Moderna - telah diotorisasi untuk digunakan di AS sejauh ini.

Pada bulan Juli lalu, pemerintah AS, sebagai bagian dari inisiatif Operation Warp Speed pemerintahan Trump, mengumumkan akan membayar Novavax 1,6 miliar dolar AS untuk mengembangkan dan memproduksi vaksin potensial, dengan tujuan memberikan 100 juta dosis pada awal 2021.

Masih belum diketahui persis apakah hasil baik yang dirilis Kamis (28/1/2021) akan cukup bagi Novavax untuk diberikan otorisasi penggunaan darurat oleh BPOM AS (Food and Drug Administration) yang akan memungkinkan distribusi di AS. (BBC/CNBC/AP)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat