androidvodic.com

Pejabat Pentagon: Sepertiga Pasukan Militer Tolak Vaksin Virus Corona - News

News - Wabah virus corona masih menghantui militer Amerika Serikat (AS).

Pejabat Pentagon menyatakan pada Rabu (17/2/2021) bahwa dua pertiga pasukan AS yang didata untuk divaksinasi telah menerima suntikan.

Mengutip Forbes, Wakil Direktur Operasi Staf Gabungan Jenderal Jeff Taliaferro mengatakan kepada Komite Angkatan Bersenjata pada Rabu bahwa data tersebut merupakan angka awal.

Dijelaskan bahwa sekira sepertiga dari pasukan AS yang harusnya menerima vaksinasi menolak melakukannya.

"Tentu saja kami yakin, vaksin adalah hal yang benar untuk dilakukan, jelas aman bagi anggota layanan dan kami perlu terus mendidik pasukan kami serta membantu mereka memahami manfaat (vaksinasi)," Taliaferro, Rabu (17/2/2021).

Baca juga: Sanksi Bagi Penolak Vaksin, Anies: Ngobrolnya Nanti Aja Kalau Jumlah Vaksin Udah Banyak

Baca juga: Takut Disuntik Vaksin, Sejumlah Warga Bersembunyi di Hutan, Dipicu Kabar Hoax

Mayor Angkatan Udara AS Heather Foster
Dalam gambar selebaran ini disediakan oleh United States Forces Korea, Mayor Angkatan Udara AS Heather Foster berpose untuk foto setelah menjadi penerima pertama vaksin Moderna COVID-19 di Kunsan Air Berdasarkan tanggal 29 Desember 2020 di Kunsan, Korea Selatan. Pasukan Amerika Serikat Korea (USFK) menerima pengiriman pertama vaksin Moderna karena Camp Humphreys dipilih oleh pemerintah AS sebagai salah satu dari empat lokasi di luar benua AS yang akan menerima vaksinasi awal.

Dia menambahkan, pihak terkait juga memastikan keterlibatan pemimpin dalam diskusi soal manfaat vaksin.

Menurut penuturan pejabat Pentagon, 359.000 anggota militer telah menerima dosis vaksin virus corona pertama.

Lalu, 147.000 lainnya telah menerima kedua vaksinasi.

Taliaferro mencatat bahwa anggota layanan yang tidak divaksinasi masih dapat ditugaskan karena tindakan pencegahan keamanan yang dilakukan militer sebelum vaksin virus corona dikembangkan.

Dilaporkan Politico, juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan kepada media setelah sidang hari Rabu bahwa Taliaferro dan pejabat militer lainnya menggunakan data luas yang menggambarkan tingkat penerimaan vaksin militer secara kasar cocok dengan masyarakat umum AS.

Baca juga: Lindungi Kepentingannya, Xiaomi Ajukan Aduan Hukum Terhadap Pentagon Dan Departemen Keuangan AS

Pasukan AS Korea
Dalam foto selebaran yang diambil dan dirilis pada 29 Desember 2020 oleh Pasukan AS Korea, seorang anggota Angkatan Darat Amerika Serikat Korea menerima putaran pertama vaksin Moderna di Pangkalan Udara Osan, selatan Seoul.

Jajak Pendapat

Sebuah jajak pendapat yang dirilis minggu lalu oleh Associated Press-NORC Center for Public Affairs Research menyarankan 67 persen orang Amerika berencana untuk mendapatkan vaksinasi atau sudah pernah.

Militer AS telah berjuang untuk menahan penyebaran virus corona.

Menurut Pentagon, ada 152.905 kasus virus korona di dalam angkatan bersenjata, serta 22 kematian.

Pada Senin, tiga kasus virus corona baru dilaporkan di atas kapal USS Theodore Roosevelt, kapal Angkatan Laut yang memiliki setidaknya 1.156 pelaut dinyatakan positif virus corona pada musim semi lalu, satu di antaranya meninggal.

Kontroversi seputar penyebaran virus dan penanganan Angkatan Laut atas situasi di atas kapal mengakibatkan penembakan dan pengunduran diri kapten kapal dan penjabat sekretaris Angkatan Laut.

Di antara populasi umum AS, Republikan dan orang-orang tanpa gelar sarjana paling kecil kemungkinannya untuk mengatakan mereka akan mendapatkan vaksin virus corona, menurut jajak pendapat AP / NORC.

(News/Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat