androidvodic.com

Para Ahli Khawatirkan Hewan X Bisa Simpan Virus Mematikan yang Memicu Pandemi Selanjutnya - News

News - Para ahli khawatirkan hewan tertentu yang bisa menyembunyikan virus mematikan yang dapat memicu pandemi berikutnya.

Dilansir Mirror, para ilmuwan dikabarkan bergegas menemukan "Hewan X", yang kemungkinan adalah penyebab "Penyakit X."

Organisasi Kesehatan Dunia telah memperingatkan ancaman dari penyakit zoonosis, di mana infeksi melompat dari hewan ke manusia, adalah bahaya yang mengancam.

Para ahli sebelumnya telah mengatakan bahwa kemungkinan Covid-19 berasal dari kelelawar dan trenggiling, sebelum dipindahkan ke manusia.

Sementara itu flu burung, SARS, MERS, Nipah dan demam kuning adalah contoh penyakit lain yang berasal dari hewan sebelum virus bermutasi dan melompat spesies lain.

Baca: WHO Tulis Daftar 9 Virus serta Penyakit Berbahaya yang Mengancam Dunia, dari Nipah hingga Zika

Baca: Puluhan Orang di Tanzania Derita Penyakit Misterius, Beberapa Meninggal setelah Alami Muntah Darah

Ilustrasi MERS, penyebab MERS
Ilustrasi MERS, penyebab MERS (WHO /Melinda Frost)

Anthony Lockett, seorang dokter medis penyakit menular, mengatakan kepada The Sun Online bagaimana kelelawar bisa menjadi sumber pandemi berikutnya.

Dia berkata, "Spesies yang dapat menjadi tempat terjadinya Penyakit X adalah kelelawar dan burung karena keduanya dapat terbang dan melakukan perjalanan jarak jauh.

"Pola migrasi kelelawar dapat terganggu yang mengarah pada penyebaran penyakit, seperti yang terlihat di Australia beberapa tahun lalu, ketika kelelawar menyebarkan penyakit ke manusia."

Sementara itu Dr Josef Settele, dari Helmholtz-Center for Environmental Research, salah satu penulis studi tingkat PBB baru tentang pandemi di masa depan, menambahkan, "Pada prinsipnya semua spesies dapat menjadi sumber penyakit."

"Probabilitasnya lebih tinggi untuk kelompok yang memiliki lebih banyak spesies seperti tikus dan kelelawar."

"Pada akhirnya, itu tergantung pada kemampuan beradaptasi spesies."

Ilustrasi virus Nipah - Ensefalitis dan pneumonia yang disebabkan oleh virus Nipah, ilustrasi komputer. Virus Nipah bersifat zoonosis (ditularkan ke manusia dari hewan) dan pertama kali ditemukan di Malaysia dan Singapura pada orang-orang yang berhubungan dekat dengan babi. Awalnya diisolasi pada tahun 1999 setelah memeriksa sampel dari wabah ensefalitis dan penyakit pernapasan di antara pria dewasa di kedua negara tersebut.
Ilustrasi virus Nipah - Ensefalitis dan pneumonia yang disebabkan oleh virus Nipah, ilustrasi komputer. Virus Nipah bersifat zoonosis (ditularkan ke manusia dari hewan) dan pertama kali ditemukan di Malaysia dan Singapura pada orang-orang yang berhubungan dekat dengan babi. Awalnya diisolasi pada tahun 1999 setelah memeriksa sampel dari wabah ensefalitis dan penyakit pernapasan di antara pria dewasa di kedua negara tersebut. (KATERYNA KON / SCIENCE PHOTO LIBRA / KKO / Science Photo Library via AFP)

Penulis lingkungan John Vidal baru-baru ini mengungkapkan penyakit menular seperti campak, dan penyakit mematikan seperti Ebola masih dapat bermutasi dan menghancurkan populasi manusia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat