androidvodic.com

Kasus Penghinaan Terhadap Wanita, Pejabat Olimpiade Jepang Mengundurkan Diri - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Hiroshi Sasaki, direktur kreatif yang bertanggung jawab atas upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo, telah mengusulkan rencana produksi yang membuat talenta wanita terlihat seperti menggunakan kuping salah satu hewan.

Dia akhirnya menyatakan akan mengundurkan diri dari kepanitian Olimpiade Paralimpiade.

"Tidak pantas dan sangat disesalkan ucapan tersebut. Itu adalah pernyataan yang bisa dianggap sebagai penghinaan wanita," ungkap Ketua Olimpiade Seiko Hashimoto, Kamis (18/3/2021) siang.

Seiko berharap hal tersebut tak terulang lagi dan tak dilakukan siapa pun meskipun untuk bercanda sekali pun.

Idenya tersebut dengan melihat saat penutupan Olimpiade sebelumnya di Brazil di mana PM Jepang Shinzo Abe muncul di upacara pembukaan dengan berkostum seperti game Mario Bros, di mana Abe menggunakan topi merah Mario Bros dan memegang bola merah.

Kejadiannya sebenarnya sudah lama pada bulan Maret 2020, di mana Sasaki bertukar pendapat dengan wanita di sebuah media sosial dari tim produksi turnamen.

Logo Olimpiade dipasang di tengah Kota Tokyo.
Logo Olimpiade dipasang di tengah Kota Tokyo. (Koresponden News/Richard Susilo)

Masanori Takaya, Juru Bicara Panitia, mengatakan bahwa panitia sedang melakukan konfirmasi fakta dengan Sasaki.

"Jika isi usulan Sasaki benar, itu tidak pantas dan sangat disesalkan. Saya kira tidak bisa dihindari untuk dianggap mengejek orang dalam ucapannya," kata dia.

Sasaki akhirnya mengakui dan Ketua Panitia Seiko Hashimoto telah memintanya mundur dan Sasaki menyanggupi akan mengundurkan diri dari kepanitiaan Olimpiade Paralimpiade.

Hiroshi Sasaki berusia 66 tahun dari Prefektur Kumamoto. Seorang direktur kreatif yang mewakili industri komersial Jepang.

Dia telah menghasilkan banyak karya dengan tema "menyenangkan orang dan informatif," seperti perusahaan telepon seluler Sofbank yang ayahnya digambarkan sebagai keluarga anjing putih dan iklan pembuat minuman yang bergumam saat melihat alien bekerja.

Baca juga: Zainudin Amali dan Jajaran Targetkan Prestasi Indonesia Masuk 10 Besar di Olimpiade 2032

Baca juga: Jepang Batasi Jumlah Rombongan Resmi Olimpiade Tokyo dari Setiap Negara

Pada upacara penutupan Olimpiade Rio de Janeiro, Sasaki terlibat dalam produksi upacara pengambilalihan bendera yang menampilkan karakter dari manga dan game Jepang yang terkenal di dunia seperti "Kapten Tsubasa", "Doraemon", dan "Mario".

Sejak Juli 2018, ia telah bergabung dengan tim produksi untuk upacara pembukaan dan penutupan Tokyo Games sebagai penanggung jawab upacara pembukaan dan penutupan Paralimpiade, dan bertanggung jawab atas penyutradaraan dan perencanaan dengan enam anggota termasuk Kyogen, master Mansai Nomura.

Pada bulan Desember tahun lalu, tujuh anggota tim produksi berakhir untuk menanggapi dengan cepat dan bertujuan untuk upacara sederhana di bawah pandemi Corona, dan Sasaki menjadi manajer umum menggantikan Nomura.

Stadion olahraga Olimpiade Jepang yang baru di Tokyo
Stadion olahraga Olimpiade Jepang yang baru di Tokyo (Foto Richard Susilo)

Sasaki juga bertanggung jawab untuk mengarahkan acara satu tahun sebelum turnamen Tokyo yang diadakan di Stadion Nasional Juli lalu.

Sementara itu telah terbit buku baru "Rahasia Ninja di Jepang" berisi kehidupan nyata ninja di Jepang yang penuh misteri, mistik, ilmu beladiri luar biasa dan tak disangka adanya penguasaan ilmu hitam juga. informasi lebih lanjut ke: info@ninjaindonesia.com

Simak berita terkait Olimpiade 2020 Jepang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat