androidvodic.com

Pemimpin Junta Militer Tak Keberatan Delegasi ASEAN ke Myanmar untuk Selesaikan Krisis - News

Laporan Wartawan News, Srihandriatmo Malau

News, SINGAPURA - Pemimpin junta militer Myanmar Min Aung Hlaing telah mengatakan dia tidak menolak kunjungan delegasi dari Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk membantu menyelesaikan krisis di negara itu.

“Hal ini disampaikan dari pertemuan di antara para pemimpin negara-negara anggota ASEAN di Jakarta pada Sabtu (24/4/2021),” kata Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, seperti dilansir Channel News Asia, Minggu (25/4/2021).

Dalam pertemuan yang dihadiri Jenderal Min Aung Hlaing, negara-negara anggota menguraikan enam hasil yang ingin mereka lihat di Myanmar, termasuk kunjungan delegasi ASEAN yang difasilitasi otoritas Myanmar.

Tujuan lain termasuk menghentikan penggunaan kekuatan kekerasan terhadap warga sipil yang tidak bersenjata, melepaskan semua tahanan politik dan memungkinkan upaya bantuan kemanusiaan yang dipimpin oleh ASEAN dan terdiri dari pihak lain.

"Pada akhir ini, Jenderal Min Aung Hlaing menanggapi," kata Lee kepada wartawan setelah pertemuan itu.

Baca juga: Pemimpin ASEAN Terbitkan 5 Konsensus Selesaikan Masalah Myanmar

"Dia mengatakan dia mendengar kami, dia akan mengambil poin yang dia anggap membantu, bahwa dia tidak menentang ASEAN memainkan peran konstruktif, atau kunjungan delegasi ASEAN, atau bantuan kemanusiaan, dan bahwa mereka akan bergerak maju dan terlibat dengan ASEAN dengan cara yang konstruktif," ujar Lee.

Baca juga: Aksi Solidaritas Myanmar di Jakarta Dibubarkan Aparat, 3 Aktivis Diamankan Polisi

Berbicara kepada wartawan, Lee mengatakan dia menganggap ASEAN sekarang akan berkumpul dan bekerja  untuk mengunjungi Myanmar, serta mulai mengoordinasikan upaya bantuan kemanusiaan untuk negara itu.

"Saya yakin bahwa dalam mengimplementasikan ini, ada jalan panjang ke depan karena ada satu hal yang perlu dikatakan Anda akan menghentikan kekerasan dan membebaskan tahanan politik; itu hal lain untuk menyelesaikannya," katanya.

Lee mengatakan sangat prematur untuk mengatakan siapa dari Singapura yang akan berada dalam delegasi ASEAN, karena mungkin tidak terdiri dari delegasi semua negara anggota ASEAN.

"Tetapi saya akan mengatakan secara keseluruhan itu telah menjadi pertemuan yang produktif, dan itu telah menunjuk langkah-langkah berikutnya ke depan bagi kami," tambahnya.

"Jika ASEAN belum bertemu, atau belum bisa sampai pada kesimpulan tentang masalah ini, itu akan sangat buruk."

Kehadiran Jenderal Min Aung Hlaing dalam pertemuan itu menjadi perjalanan luar negeri pertamanya sejak kudeta 1 Februari yang menggulingkan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi.

Tindakan kekerasan berikutnya terhadap demonstran telah menyebabkan lebih dari 700 orang tewas.

Menurut utusan Perserikatan Bangsa-Bangsa, sekitar 250.000 orang di Myanmar telah mengungsi, dengan pemimpin tertinggi yang dipilih secara demokratis di negara itu dalam persembunyian atau di bawah tahanan rumah.

Lee mengatakan pertemuan ASEAN berguna dan memungkinkan para pemimpin untuk berkumpul dalam satu ruangan untuk mengekspresikan pandangan mereka dengan bebas.

"Panglima Min Aung Hlaing memberi kami pengarahan tentang situasi di Myanmar dan latar belakang: Apa yang mengarah pada peristiwa pada 1 Februari, apa perkembangan dalam demonstrasi dan pergolakan sejak saat itu, dan apa jalan yang dia lihat untuk Myanmar," katanya.

"Setelah itu, kita semua sebagai pemimpin, kami mengatakan bagian kami, satu per satu. Dan ada tingkat koherensi yang cukup tinggi dalam pandangan antara pemimpin yang berbeda."(Channel News Asia)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat