androidvodic.com

50% Perusahaan Jepang Terdaftar di Pasar Modal Sudah Meraih Untung - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO -  Hasil laporan keuangan tahun lalu (per 31 Maret 2021) untuk perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Tokyo (TSE) hampir selesai. Efek dari virus corona baru telah berkepanjangan, 50% perusahaan telah "meningkatkan keuntungan" dalam laba akhir, sementara 48% memiliki "penurunan laba" atau "defisit" secara total. Terlihat seperti kurva huruf K untuk penyelesaian akun yang akan menjadi lebih jelas.

"Laju pemulihan berbeda antara industri manufaktur dan non-manufaktur, dan terlihat seperti huruf K dalam alfabetnya," ungkap Hikaru Yasuda, stock strategist di SMBC Nikko Securities  minggu lalu.

Selain itu, akan menarik untuk melihat bagaimana konflik antara Amerika Serikat dan China memengaruhi produksi perusahaan, tambahnya.

Hasil keuangan tahun lalu dari sebuah perusahaan terbuka, yang juga disebut "berbentuk huruf K". Ada polarisasi yang jelas antara industri yang terpukul oleh  permintaan kuat akibat peningkatan ekspor dan pengaruh virus corona baru, dan industri yang terpengaruh oleh pembatasan pergerakan dan jam kerja yang dipersingkat.

Laju pemulihan berbeda antara industri manufaktur dan non-manufaktur, ungkapnya lagi.

Pada akhir pekan lalu, lebih dari 90% dari Perusahaan di Level pertama TSE sebanyak 1426 perusahaan, mengungkapkan hasil keuangan mereka untuk tahun fiskal 2020 tahun lalu.

Menurut ringkasan SMBC Nikko Securities, dari 1.033 perusahaan yang mengumumkan hasil keuangan mereka pada tanggal 13 Mei, 519 perusahaan, yaitu 50%, memperoleh "peningkatan laba" pada neraca laba rugi akhir.

Dengan pemulihan ekspor ke Amerika Serikat dan China, keuntungan meningkat secara signifikan di "industri manufaktur" seperti peralatan listrik, mobil, dan semikonduktor. Selain itu, “industri informasi / komunikasi” juga kuat karena kemajuan teleworking.

Di sisi lain, 370 perusahaan (35%) mengalami "penurunan laba" dan 135 perusahaan (13%) mengalami "defisit". Dalam "industri non-manufaktur", hasil finansial untuk penerbangan dan rel kereta api, serta makan di luar, sangat parah.

Karena efek virus corona baru telah berkepanjangan, polarisasi antara industri yang terkena dampak peningkatan ekspor dan industri lain yang terkena dampak pembatasan pergerakan dan mempersingkat jam kerja menjadi jelas.

Di industri manufaktur, keuntungan meningkat signifikan karena peningkatan ekspor di tengah pemulihan ekonomi di Amerika Serikat dan China.

Dari jumlah tersebut, laba akhir Toyota Motor untuk seluruh grup meningkat 10% menjadi 2 triliun 245,2 miliar yen, melebihi 2 triliun yen dari tahun sebelumnya.

Tokyo Electron, produsen peralatan manufaktur semikonduktor terbesar, mencatatkan rekor pendapatan operasional yang tinggi, yang menunjukkan keuntungan dari bisnis utamanya, dan pendapatan akhir meningkat 31% menjadi 242,9 miliar yen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat