androidvodic.com

Biden Perintahkan Intel AS Selidiki Asal-Usul Virus Corona - News

News, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat Joe Biden menginstruksikan Lembaga intelijen AS untuk meninjau kembali informasi rahasia tentang asal-usul virus corona, termasuk apakah itu berasal dari kontak antara manusia dan hewan, atau dari laboratorium penelitian di China.

Dalam sebuah pernyataan  Rabu (26/5), Biden mengatakan komunitas intelijen AS telah "menggabungkan sekitar dua skenario yang mungkin terjadi", tetapi belum mencapai kesimpulan pasti tentang dari mana virus corona berasal.

Ia juga tidak memiliki keyakinan tinggi dalam kesimpulannya saat ini, dan tetap terpecah atas kesimpulan yang paling mungkin.

Karenanya, Biden mengatakan dia telah meminta dinas intelijen AS "untuk melipatgandakan upaya mereka untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi yang dapat membawa kita lebih dekat ke kesimpulan yang pasti" dan melaporkan kembali kepadanya dalam 90 hari.

"Sebagai bagian dari laporan itu, saya telah meminta bidang penyelidikan lebih lanjut yang mungkin diperlukan, termasuk pertanyaan khusus untuk China," kata Presiden AS itu.

Baca juga: Trump Digugat Keturunan Tionghoa Gara-gara Sebut Covid-19 Sebagai “Virus China”

Sebuah studi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang dirilis pada akhir Maret menyimpulkan bahwa penularan virus dari kelelawar ke manusia melalui hewan lain adalah skenario yang paling mungkin terjadi dan bahwa kebocoran laboratorium "sangat tidak mungkin".

Namun, pertanyaan tetap ada, tentang tingkat akses yang dimiliki penyelidik WHO selama misi pencarian fakta di Wuhan, Cina, serta laporan penyakit sebelumnya di antara para peneliti di Institut Virologi Wuhan (Wuhan Institute of Virology – WIV).

Sekelompok negara yang terdiri dari 14 negara menyuarakan keprihatinan tentang laporan WHO, dengan alasan penundaan dan kurangnya akses penuh ke data.

Sementara  WHO juga menyerukan penyelidikan lebih lanjut atas teori bahwa wabah tersebut adalah hasil dari kebocoran laboratorium.  Namun sejauh ini China membantah keras tuduhan itu.

Badan intelijen AS, sementara itu, telah memeriksa laporan bahwa para peneliti di laboratorium virologi Wuhan sakit parah pada 2019, satu bulan sebelum kasus pertama COVID-19 dilaporkan.

Baca juga: Donald Trump Kini Ragu Covid-19 Muncul dari Laboratorium Wuhan

Namun sumber pemerintah AS memperingatkan awal pekan ini bahwa masih belum ada bukti penyakit itu berasal dari laboratorium.

Sebuah laporan intelijen AS yang masih dirahasiakan beredar selama pemerintahan mantan Presiden Donald Trump menuduh bahwa tiga peneliti Institut Virologi Wuhan menjadi sangat sakit pada November 2019 sehingga mereka mencari perawatan di rumah sakit, sumber yang mengetahui pelaporan dan analisis intelijen AS mengatakan kepada kantor berita Reuters.

Masih belum jelas apakah para peneliti dirawat di rumah sakit atau apa gejala mereka, kata salah satu sumber, yang berbicara kepada Reuters tanpa menyebut nama.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian Senin (24/5) lalu mengatakan bahwa laporan itu "sama sekali tidak benar".

Sementara itu, Biden mengatakan pada hari Rabu bahwa "Amerika Serikat juga akan terus bekerja dengan mitra yang berpikiran sama di seluruh dunia untuk menekan China agar berpartisipasi dalam penyelidikan internasional berbasis bukti yang penuh, transparan, dan untuk memberikan akses ke semua data dan bukti yang relevan."

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 WNI di Amerika Gunakan Vaksin Pfizer

Juru Bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan arahan presiden tidak boleh ditafsirkan sebagai penolakan AS terhadap studi WHO, tetapi lebih ditujukan untuk memberikan informasi dan sumber daya AS terbaik untuk menyelesaikan pertanyaan yang sedang berlangsung.

“WHO melakukan tugas mereka dan [komunitas intelijen] melakukan apa yang mereka lakukan saat ini tidak eksklusif,” kata Jean-Pierre.

"Ini adalah sesuatu yang bisa terjadi pada saat yang sama," katanya kepada wartawan di Gedung Putih. (News/Aljazeera/Hasanah Samhudi)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat