androidvodic.com

Kepala Bank Sentral Iran Dicopot karena Calonkan Diri sebagai Presiden - News

News - Presiden Hassan Rouhani telah memberhentikan Kepala Bank Sentral Iran, Abdolnasser Hemmati, karena mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan 18 Juni 2021 mendatang.

Kabinet mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Minggu (30/5/2021) bahwa Hemmati telah dipecat karena pencalonannya "mencegah dia untuk memiliki cukup kehadiran di bank sentral dan melakukan tugas dan tanggung jawab penting gubernur di daerah sensitif uang dan mata uang asing".

Kabinet memilih untuk menggantikan Hemmati dengan wakilnya, Akbar Komijani.

Melansir Al Jazeera, Komijani telah menjadi wakil gubernur selama tujuh tahun terakhir, dan memiliki sekitar dua dekade pengalaman di bank sentral.

Baca juga: Iran Akan Mulai Vaksinasi Covid-19, Presiden Rouhani Rahasiakan Vaksin Asing yang Diimpor

Baca juga: Presiden Rouhani Akui Iran Senang Lihat Donald Trump Tinggalkan Jabatannya

Kepala Bank Sentral Iran Abdolnasser Hemmati
Kepala Bank Sentral Iran Abdolnasser Hemmati berbicara kepada wartawan setelah mendaftarkan pencalonannya untuk pemilihan presiden Juni, di Kementerian Dalam Negeri di ibu kota Teheran, pada 15 Mei 2021.

Seandainya dia tidak dipecat, Hemmati akan memimpin bank sentral hingga 2023, setelah itu jabatan gubernurnya dapat diperpanjang untuk masa jabatan lima tahun lagi.

Ebrahim Raisi, yang sejauh ini dianggap sebagai calon terdepan dalam pemilu, tetap menjabat sebagai ketua pengadilan.

Seorang veteran sektor perbankan dan asuransi Iran dan mantan jurnalis televisi pemerintah, Hemmati mengambil alih kepemimpinan bank sentral pada Juli 2018 di saat yang penuh gejolak ketika mata uang Iran, rial, telah mengalami pukulan besar.

Rial Iran terjun bebas karena Presiden Amerika Serikat saat itu Donald Trump telah meninggalkan kesepakatan nuklir Iran 2015 dengan kekuatan dunia pada Mei sebelumnya, memberlakukan sanksi sepihak yang keras.

Pendahulu Hemmati, Valiollah Seif, menjadi sasaran penyelidikan yudisial dan beberapa deputinya ditangkap.

Baca juga: Presiden Iran Hassan Rouhani Senang Donald Trump Lengser Dari Kursi Presiden Amerika Serikat

Valiollah Seif
Menteri Urusan Ekonomi dan Keuangan Iran Massoud Karbasiyan (kiri) Kepala Bank Sentral Iran, Valiollah Seif (kanan) menghadiri sesi parlemen untuk membahas kabinet yang diusulkan presiden di Teheran pada 15 Agustus 2017.

Seorang jaksa penuntut mengatakan awal bulan ini bahwa dakwaan telah dikeluarkan terhadap Seif karena "menyia-nyiakan" lebih dari $ 30 miliar dan 60 ton cadangan emas.

Tapi real melanjutkan devaluasi tajam di bawah Hemmati, dan mencapai titik terendah 320.000 terhadap dolar AS di pasar terbuka pada Oktober 2020, sementara itu berpindah tangan kurang dari 40.000 per dolar sebelum kampanye "tekanan maksimum" pemerintahan Trump di Iran.

Mata uang yang terkepung telah pulih sebagian dan telah menguat ke tingkat sekitar 210.000 per dolar bulan lalu karena pembicaraan di Wina untuk memulihkan kesepakatan nuklir dan mencabut sanksi AS terus berlanjut.

Sejak itu mendevaluasi lagi, dan mencapai 240.000 terhadap dolar AS pada hari Minggu.

Baca juga: Presiden Iran Hassan Rouhani Tuduh Israel Ingin Picu Perang Besar di Timur Tengah

alam foto yang dirilis pada hari Jumat, 20 Maret 2020 oleh situs web resmi kantor pemimpin tertinggi Iran, Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei berpose untuk potret sebelum menyampaikan pesannya untuk Tahun Baru Iran, atau Nowruz, di Teheran, Iran. Ayatollah Ali Khamenei dan Presiden Hassan Rouhani dalam pesan tahun baru yang terpisah bersumpah untuk mengatasi virus corona baru dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
Dalam foto yang dirilis pada hari Jumat, 20 Maret 2020 oleh situs web resmi kantor pemimpin tertinggi Iran, Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei berpose untuk potret sebelum menyampaikan pesannya untuk Tahun Baru Iran, atau Nowruz, di Teheran, Iran. Ayatollah Ali Khamenei dan Presiden Hassan Rouhani dalam pesan tahun baru yang terpisah bersumpah untuk mengatasi virus corona baru dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. (Kantor Pemimpin Tertinggi Iran melalui AP)

Beban Bank Sentral

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat