androidvodic.com

Ebrahim Raisi Terpilih jadi Presiden Iran, Ini Respons Para Pemimpin Dunia - News

News - Ebrahim Raisi memenangkan pemilihan presiden Iran pada Jumat (18/6/2021).

Ia menggantikan Hassan Rouhani yang telah menjabat selama dua periode berturut-turut.

Sosok yang dikenal sebagai anak didik Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei itu mengantongi 61,95 persen suara.

Ebrahim Raisi (60) akan dilantik pada Agustus 2021.

Ia akan menduduki kekuasan di masa kritis, mengingat Iran tengah berusaha mempertahankan kesepakatan nuklirnya dan membebaskan diri dari sanksi Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Ebrahim Raisi, Tokoh Konservatif Diunggulkan di Pilpres Iran 18 Juni 2021

Baca juga: PROFIL 4 Calon Presiden Baru Iran: Ebrahim Raisi hingga Abdolnaser Hemmati

Presiden Hassan Rouhani (kiri) mengambil bagian dalam konferensi pers dengan Presiden terpilih Ebrahim Raisi (kanan) selama kunjungannya untuk memberi selamat kepada ulama ultrakonservatif itu karena memenangkan pemilihan presiden. Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden Iran pada hari Sabtu, hasil yang diantisipasi secara luas setelah banyak politisi kelas berat dilarang mencalonkan diri.
Presiden Hassan Rouhani (kiri) mengambil bagian dalam konferensi pers dengan Presiden terpilih Ebrahim Raisi (kanan) selama kunjungannya untuk memberi selamat kepada ulama ultrakonservatif itu karena memenangkan pemilihan presiden. Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden Iran pada hari Sabtu, hasil yang diantisipasi secara luas setelah banyak politisi kelas berat dilarang mencalonkan diri. (STRINGER / Iranian Presidency / AFP)

Dilansir Tribunnews dari Al Jazeera, berikut reaksi para pemimpin dunia atas terpilihan Ebrahim Raisi sebagai Presiden Iran:

Hassan Rouhani

Hassan Rouhani mengunjungi Raisi di kantornya dan memberikan selamat padanya.

"Kami akan bekerja sama sepenuhnya dengan presiden terpilih selama 45 hari ke depan hingga pemerintah baru mengambil alih (awal Agustus," kata Rouhani, seperti dikutip media pemerintah.

Baca juga: Profil Ebrahim Raisi, Presiden Baru Iran yang Baru Terpilih Hari Ini

Amerika Serikat

AS menyesalkan, Iran tidak dapat berpartisipasi dalam 'proses pemilihan yang bebas dan adil' dalam pemilihan presiden.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan, Washington tetap akan melanjutkan pembicaraan tidak langsung dengan Teheran untuk kembali bergabung dengan kesepakatan nuklir 2015.

Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat kepada Raisi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat