androidvodic.com

Gelombang Panas Ekstrem di Kanada, PM Justin Trudeau Sampaikan Belasungkawa kepada yang Meninggal - News

News - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyampaikan belasungkawanya kepada ratusan orang yang meninggal di tengah gelombang panas ekstrem yang melanda negara tersebut.

Pada acara perumahan yang sederhana di Kanata, Ontario, Trudeau memberikan penghormatan kepada para korban dan menggambarkan gelombang panas sebagai masalah yang berkembang.

"Pikiran kami bersama orang-orang yang kehilangan orang yang dicintai karena panas," katanya, menyebut cuaca baru-baru ini sebagai pengingat perlunya mengatasi perubahan iklim.

"Pemerintah federal, seperti biasa, ada di sini untuk membantu dengan cara apa pun yang kami bisa," katanya.

Suhu tinggi yang tidak normal tercatat di seluruh wilayah Amerika Utara, BBC melaporkan.

Baca juga: Puluhan Orang Tewas Mendadak karena Gelombang Panas Ekstrem di Kanada

Baca juga: 751 Kuburan Tak Bertanda Ditemukan di Kanada, PM Justin Trudeau Desak Paus Fransiskus Minta Maaf

Sebelumnya, Kanada mencatat rekor baru suhu 49,6 C untuk tiga hari berturut-turut.

Trudeau mengatakan bahwa periode suhu tinggi yang berkepanjangan telah menjadi lebih umum dalam beberapa tahun terakhir.

"Jadi secara realistis kita tahu gelombang panas ini bukanlah yang terakhir," katanya.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berbicara selama konferensi pers di Rideau Cottage 25 Juni 2021 di Ottawa, Kanada
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berbicara selama konferensi pers di Rideau Cottage 25 Juni 2021 di Ottawa, Kanada (Sean Kilpatrick / POOL / AFP)

Dia kemudian berbicara tentang komitmen Kanada untuk memerangi perubahan iklim untuk membuat udara dan ekonomi lebih bersih untuk sekarang dan untuk generasi mendatang.

Sedikitnya 486 kematian mendadak dilaporkan selama lima hari selama gelombang panas, kata pejabat di provinsi barat British Columbia, Rabu (30/6/2021).

Di Vancouver saja, panas diyakini menjadi faktor penyebab kematian 65 orang sejak Jumat (25/6/2021).

Jumlah korban kali ini mengalami peningkatan 195% dari 165 kematian mendadak yang biasanya terjadi selama periode gelombang panas, kata kepala koroner Lisa Lapoint.

"Meski begitu, terlalu dini untuk mengatakan dengan pasti berapa banyak kematian yang terkait dengan panas," katanya dalam sebuah pernyataan.

Panas di bagian barat Kanada dan AS disebabkan oleh kubah udara panas bertekanan tinggi statis yang membentang dari California hingga wilayah Arktik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat