androidvodic.com

UPDATE Kasus Pembunuhan Presiden Jovenel Moise, Sang istri Angkat Bicara - News

News - Istri dari Presiden Haiti yang dibunuh, Jovenel Moise angkat bicara untuk pertama kalinya, sejak orang-orang bersenjata menyerbu rumah pasangan itu di Port-au-Prince.

Ia mengatakan serangan yang membunuh suaminya terjadi "dalam sekejap mata".

Melansir Al Jazeera, dalam pesan audio yang diunggah di akun Twitter resminya pada Sabtu (10/7/2021), Martine Moise meminta Haiti untuk tidak "kehilangan arah" setelah serangan yang membuatnya terluka parah.

"Saya hidup, terima kasih kepada Tuhan," kata Martine Moise dalam bahasa Kreol di pesan audio, yang dikonfirmasi oleh menteri budaya dan komunikasi Haiti, Pradel Henriquez kepada kantor berita AFP sebagai asli.

"Saya masih hidup tetapi saya telah kehilangan suami saya, Jovenel," tambahnya.

Baca juga: Presiden Haiti Jovenel Moise Dibunuh di Rumahnya, Situasi Negara Bergejolak

Baca juga: Fakta-fakta Pembunuhan Presiden Haiti, Diserang Sekelompok Tentara Bayaran Tengah Malam di Rumahnya

Dalam file foto ini diambil pada 22 Oktober 2019 Presiden Jovenel Moise duduk di Istana Kepresidenan saat wawancara dengan AFP di Port-au-Prince, 22 Oktober 2019. Presiden Haiti Jovenel Moise dibunuh pada 7 Juli 2021, di rumahnya oleh seorang komando, Perdana Menteri sementara Claude Joseph mengumumkan. Joseph mengatakan dia sekarang bertanggung jawab atas negara.
Dalam file foto ini diambil pada 22 Oktober 2019 Presiden Jovenel Moise duduk di Istana Kepresidenan saat wawancara dengan AFP di Port-au-Prince, 22 Oktober 2019. Presiden Haiti Jovenel Moise dibunuh pada 7 Juli 2021, di rumahnya oleh seorang komando, Perdana Menteri sementara Claude Joseph mengumumkan. Joseph mengatakan dia sekarang bertanggung jawab atas negara. (Valerie Baeriswyl / AFP)

Presiden Jovenel Moise (53) dibunuh oleh orang-orang bersenjata pada dini Rabu (7/7/2021).

Pihak berwenang Haiti menyebut pembunuhan itu sebagai "serangan yang sangat terkoordinasi oleh kelompok yang sangat terlatih dan bersenjata lengkap".

Haiti menyatakan "keadaan pengepungan" selama 15 hari setelah pembunuhan Moise, berjanji untuk membawa para pelaku ke pengadilan.

Pihak berwenang Haiti mengatakan sebuah komando bersenjata yang terdiri dari 28 pria, 26 orang Kolombia dan dua orang Haiti-Amerika, menembaki pasangan itu di rumah mereka.

17 orang telah ditangkap sejauh ini dan setidaknya tiga tersangka tewas, tetapi tidak ada motif yang dipublikasikan.

Martine Moise dievakuasi ke rumah sakit Haiti setelah serangan itu dan kemudian dipindahkan ke Miami, Florida, untuk perawatan lebih lanjut.

"Dalam sekejap mata, tentara bayaran memasuki rumah saya dan menembaki suami saya dengan peluru ... bahkan tanpa memberinya kesempatan untuk mengatakan sepatah kata pun," katanya dalam pesan audio.

Ia juga mengatakan tentara bayaran dikirim untuk membunuh suaminya “karena jalan, air, listrik dan referendum serta pemilihan umum di akhir tahun sehingga tidak ada transisi di negara ini”.

“Saya menangis, itu benar, tetapi kita tidak bisa membiarkan negara kehilangan arah,” kata Martine Moise. "Kita tidak bisa membiarkan darahnya ... tumpah dengan sia-sia."

Baca juga: Profil Jovenel Moïse, Presiden Haiti yang Tewas Terbunuh di Kediaman Pribadinya

Baca juga: 4 Tentara Bayaran Pembunuh Presiden Haiti Ditembak Mati Aparat, Darurat Nasional Diumumkan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat