androidvodic.com

Menang Pemilu, Profesor Takeharu Yamanaka Jadi Wali Kota Yokohama Jepang - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Takeharu Yamanaka, seorang profesor Jepang dari Universitas Yokohama, memenangkan pemilu sebagai Wali Kota Yokohama yang baru, Minggu (22/8/2021) malam.

Takeharu Yamanaka mengalahkan mantan Ketua Komisi Keamanan Publik (intelijen) Jepang yang juga sahabat PM Yoshihide Suga, Hachiro Okonogi, dengan selisih perolehan suara yang jauh.

Takeharu Yamanaka memperoleh 506.392 suara dan Hachiro Okonogi dengan jumlah suara hanya 325.947.

Calon lainnya Fumiko Hayashi (196.926 suara), Yasuo Tanaka Mandiri (194.713), Shigefumi Matsuzawa (162.206), Mineyuki Fukuda (62.455 suara), Masataka Ota (39.802), Yoshiyuki Tsubokura (19.113 suara).

Takeharu Yamanaka, mantan profesor Universitas Kota Yokohama sebelumnya mencalonkan diri sebagai calon independen.

Dia direkomendasikan oleh Partai Demokrat Konstitusional dan didukung oleh Partai Komunis dan Partai Sosial Demokrat, memenangkan pemilihan untuk pertama kalinya dengan selisih besar sekitar 180.000 suara atas Okonogi, mantan Kepala Ketua Komisi Keamanan Publik Nasional.

Yamanaka sebagai profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Kota Yokohama, lahir di Saitama 48 tahun lalu.

Yamanaka melakukan penelitian tentang efektivitas vaksin virus corona baru.

Dalam kampanye pemilihan sementara dalam keadaan darurat diumumkan di Prefektur Kanagawa, diskusi diadakan tentang isu-isu seperti rencana untuk menarik IR (fasilitas resor terintegrasi termasuk kasino) ke Kota Yokohama dan tindakan melawan virus corona, yang menyebarkan infeksi dengan cepat.

Hachiro Okonogi (56), mantan kepala badan intelijen Jepang jadi calon Wali Kota Yokohama.
Hachiro Okonogi (56), mantan kepala badan intelijen Jepang jadi calon Wali Kota Yokohama. (Kyodo)

Yamanaka menentang rencana IR dan mengajukan banding atas pengalamannya dalam menganalisis data Covid-19, mendapat dukungan luas dari para pendukung dan independen dari partai yang berkuasa dan oposisi.

"Kami ingin mengambil tiga langkah efektif: mempercepat vaksinasi, mengidentifikasi sumber infeksi dengan cepat, dan mengamankan peluang pengobatan bagi orang yang terinfeksi virus corona," ungkap Yamanaka.

"Kota akan mengeluarkan pernyataan bahwa mereka tidak akan menarik IR. Apabila saya terpilih, sesegera mungkin melakukan prosedur untuk menarik IR, yang telah berjalan menuju aplikasi ke negara pada April tahun depan, akan saya batalkan," ujarnya.

Sementara itu Okonogi--yang mengundurkan diri dari kabinet dan mencalonkan diri sebagai pejabat--juga menentang rencana undangan IR dan terlibat dalam peperangan terorganisir dengan dukungan Perdana Menteri Suga yang terpilih secara lokal, banyak anggota dewan kota LDP, dan partai Komeito mendukungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat