androidvodic.com

Perdana Menteri Haiti Pecat Jaksa yang Menuduhnya Terlibat Pembunuhan Presiden Jovenel Moise - News

News - Perdana Menteri Haiti, Ariel Henry memecat kepala jaksa penuntut umum yang mengajukan tuntutan kepadanya sebagai tersangka pembunuhan Presiden Jovenel Moise.

Diketahui Presiden Haiti, Jovenel Moise ditembak mati di kediamannya di Kota Port-au-Prince pada 7 Juni oleh sekelompok orang tidak dikenal.

Moise sebelumnya memerintah dengan dekrit selama lebih dari satu tahun setelah Haiti gagal menggelar pemilihan legislatif.

Selama jabatannya itu, presiden berusia 53 tahun tersebut banyak mendapat dorongan untuk mundur.

Kematian Presiden Moise membuat Haiti jatuh dalam krisis konstitusional dan politik yang lebih dalam karena hanya memiliki segelintir pejabat terpilih secara nasional.

Baca juga: Penyalur Bantuan Gempa Haiti Dicegat Kelompok Tak Dikenal hingga Korban Jiwa Naik Jadi 2.207

Baca juga: Biden Dikecam Partai Republik Gara-gara Afghanistan, Demokrat Balik Salahkan Trump

Dalam file foto ini diambil pada 22 Oktober 2019 Presiden Jovenel Moise duduk di Istana Kepresidenan saat wawancara dengan AFP di Port-au-Prince, 22 Oktober 2019. Presiden Haiti Jovenel Moise dibunuh pada 7 Juli 2021, di rumahnya oleh seorang komando, Perdana Menteri sementara Claude Joseph mengumumkan. Joseph mengatakan dia sekarang bertanggung jawab atas negara.
Dalam file foto ini diambil pada 22 Oktober 2019 Presiden Jovenel Moise duduk di Istana Kepresidenan saat wawancara dengan AFP di Port-au-Prince, 22 Oktober 2019. Presiden Haiti Jovenel Moise dibunuh pada 7 Juli 2021, di rumahnya oleh seorang komando, Perdana Menteri sementara Claude Joseph mengumumkan. Joseph mengatakan dia sekarang bertanggung jawab atas negara. (Valerie Baeriswyl / AFP)

Ariel Henry, merupakan politikus moderat dan ahli bedah syaraf yang dipilih Moise sebagai perdana menteri beberapa hari sebelum kematiannya.

Presiden Moise memilihnya untuk mengurangi ketegangan politik.

Henry sendiri telah berusaha untuk membentuk konsensus baru antara faksi-faksi politik yang berbeda.

Namun perdana menteri ini menghadapi tuduhan yakni menjadi dalang di balik pembunuhan presiden.

Dilansir Reuters, jaksa Bed-Ford Claude mengatakan pekan lalu bahwa catatan telepon menunjukkan Henry dua kali berkomunikasi dengan seorang pria yang diyakini dalang pembunuhan Moise pada malam kejadian. 

Adapun tersangka itu merupakan mantan pejabat kementerian kehakiman yang sempat dibela Perdana Menteri Henry di depan umum, dan kini jadi buron.

Henry tidak menanggapi tudingan ini.

Claude kemudian menulis permintaan kepada hakim yang mengawasi penyelidikan kematian Presiden Moise untuk mendakwa Henry sebagai tersangka, pada Selasa lalu.

Dia juga menulis surat kepada layanan migrasi Haiti, dan memerintahkan untuk tidak membiarkan perdana menteri meninggalkan negara.

Kemudian pada Selasa, sebuah surat dari PM Henry kepada Claude tertanggal 13 September 2021 muncul.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat