androidvodic.com

Kandidat LDP Jepang Taro Kono Ingatkan Indonesia Punya Energi Panas Bumi Terbesar Kedua di Dunia - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Menteri Reformasi Administrasi dan Regulatori sekaligus Menteri Vaksinasi Jepang Taro Kono mengingatkan bahwa Indonesia punya panas bumi terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

"Seperti yang dikatakan Seiko Noda, potensi energi panas bumi terbesar ketiga di dunia adalah Jepang setelah Amerika Serikat yang terbesar dan Indonesia terbesar kedua," papar Taro Kono dalam debat kandidat Presiden Partai Liberal Demokrat (LDP), Sabtu (18/9/2021) di klub wartawan Jepang.

"Dengan pemikiran itu, apakah Noda berpikir bahwa lebih baik mengandalkan tenaga nuklir di masa depan?" tanya Kono kepada Noda.

"Saya adalah orang yang sangat realistis, dan saya ingin mempertimbangkan portofolio yang dapat mengamankan pasokan yang stabil. Saya pikir aman dan nyaman bagi orang untuk meninjau berbagai hal, termasuk metana hidrat dan gas alam, setiap saat," jawab Noda.

Kono sangat mendukung penuh penggunaan energi daur ulang (renewable energy) di Jepang dan menghapuskan tenaga nuklir di masa depan.

Menurut Kono, biaya pembangkit listrik tenaga nuklir telah ditinjau.

"Kini menjadi jelas bahwa energi terbarukan lebih murah. Ini adalah sesuatu yang telah lama dikatakan para ahli, dan jika kita memasukkan biaya penonaktifan berbagai pabrik pemrosesan ulang, biaya tenaga nuklir akan menjadi lebih tinggi," kata Kono.

Menurut Taro Kono, masalah terbesar dengan pembangkit listrik tenaga nuklir saat ini adalah bahwa pembuangan limbah nuklir belum diputuskan.

Baca juga: Perusahaan Pengumpul Kertas Bekas di Shizuoka Jepang Terbakar, Seorang Penghuninya Tewas

"Ketika kolam bahan bakar nuklir bekas dinyalakan kembali, itu terisi lebih awal dan pembangkit listrik tenaga nuklir mati. Sampai saat ini, pindah ke kolam bahan baku dari pabrik pemrosesan ulang di Prefektur Aomori telah mencegah pengisian bahan bakar nuklir bekas, tetapi bahkan jika plutonium keluar setelah pemrosesan ulang, penggunaannya sekarang cukup sulit," ujarnya.

Awalnya, itu adalah rencana selama beberapa dekade untuk membakarnya di reaktor pemulia cepat, tetapi reaktor pemulia cepat Monju telah dinonaktifkan.

"Mungkin ada penggunaan yang disebut MOX (uranium-plutonium mixed oxide), tetapi bahan bakar MOX saat ini diproduksi menggunakan plutonium Jepang di Eropa. Oleh karena itu, tidak ada gunanya memulai pabrik pemrosesan ulang di Prefektur Aomori. Desa Rokkasho dan Prefektur Aomori telah bekerja sama dalam berbagai cara, jadi saya pikir sudah waktunya untuk memutuskan apa yang harus dilakukan di masa depan dengan pemahaman wilayah tersebut," papar Kono lagi.

"Selain itu, industri nuklir tidak terlalu diramalkan, dan energi terbarukan adalah teknologi baru yang berasal dari Jepang dan akan dirilis dari Jepang ke seluruh dunia. Bahkan dengan pemikiran itu, saya pikir energi Jepang harus terus berjalan dengan prinsip mengutamakan energi terbarukan, seperti yang tertuang dalam Rencana Dasar Energi mendatang," jelas Kono.

Baca juga: Fumio Kishida Perkenalkan Go To 2.0, Kandidat LDP Lain Bicara Soal Perkawinan Sejenis di Jepang

Pemerintah 2050 netral karbon, 2030 pengurangan CO2 46 persen dibandingkan tahun 2013, kebijakan perluasan energi terbarukan jelas tercantum dalam rancangan "Rencana Energi Dasar (Kelompok Energi)", dan mungkin tidak ada keberatan untuk keempatnya.

Namun, tidak ada perdebatan mendalam mengenai apakah pengurangan CO2 sebesar 46 persen dapat dicapai tanpa memulai kembali, mengganti, atau menambah pembangkit listrik tenaga nuklir baru.

Juga, dari sudut pandang pasokan listrik yang stabil yang ditunjukkan oleh Kandidat Seiko Noda, pembangkit listrik termal dan pembangkit listrik tenaga nuklir memerlukan rasio tertentu, tetapi tidak jelas apa pendapat Kono tentang itu.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat