androidvodic.com

Hirokazu Matsuno Ditunjuk Sebagai Kepala Sekretaris Kabinet Jepang yang Baru - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO -   Presiden baru Partai Demokrat Liberal (LDP), Fumio Kishida, telah memutuskan untuk menunjuk mantan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Hirokazu Matsuno dari faksi Hosoda sebagai Kepala Sekretaris Kabinet.

Personel pejabat partai pada tanggal 1 Oktober, dan sedang melanjutkan pemilihan personel termasuk personel menteri.

Mantan menteri ekonomi perdagangan dan industri (METI) Akira Amar (72)  telah ditunjuk sebagai Sekjen LDP.

Kishida telah memutuskan untuk mengangkat mantan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Hirokazu Matsuno sebagai Kepala Sekretaris Kabinet.

Matsuno telah terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat di distrik ke-3 Chiba sebanyak tujuh kali dan berusia 59 tahun dari faksi Hosoda.

Setelah bekerja sebagai karyawan perusahaan dan Matsushita Institute of Government and Economics, ia terpilih untuk pertama kalinya dalam pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat tahun 2000, dan menjabat sebagai Wakil Menteri Parlemen untuk Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan dan Wakil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi.

Ia pertama kali masuk Kabinet sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada Kabinet Remodelling ke-3 Abe 2 tahun 2016, dan saat ini menjabat sebagai penjabat ketua umum partai.

Matsuno dikenal karena keakrabannya dengan berbagai bidang kebijakan seperti pendidikan dan masalah ketenagakerjaan.

Kishida tampaknya memiliki tujuan untuk menstabilkan basis administrasi dengan mengangkat  Matsuno, yang menjabat sebagai sekretaris jenderal faksi Hosoda tempat dia berasal dan telah berkoordinasi dengan faksi lainnya, sebagai Ketua Sekretaris Kabinet.

Taro Aso, 81, tetap terpilih oleh Kishida sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan.

Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi tetap akan duduk di kabinet yang baru.

Sanae Takaichi,  sebagai ketua urusan politik LDP. Toshiaki Endo (71) akan ditunjuk sebagai ketua pemilihan LDP.

Koichi Hagiuda, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, yang dekat dengan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, semula diberitahukan Kishida ke faksi Hosoda akan dijadikan Sekretaris Kabinet namun belajangan diubah ke Matsuno dan hagiuda akan diberikan posisi penting lainnya.

Tatsuo Fukuda (54), putera Yasuo Fukuda (Ketua Asosiasi Indonesia-Jepang dan mantan PM Jepang) yang terpilih menjadi anggota DPR tiga kali, ditunjuk sebagai ketua urusan umum LDP.

Penempatan orang muda itu  merupakan bentuk pelaksanaan “promosi yang berani dari kalangan menengah dan muda” yang dianjurkan oleh  Kishida selama ini.

Kishida diperkirakan akan dinominasikan sebagai Perdana Menteri ke-100 untuk menggantikan Yoshihide Suga pada sesi Diet luar biasa yang diadakan pada tanggal 4 Oktober.

Setelah itu, ia mulai membentuk kabinet, dan setelah upacara pengangkatan perdana menteri dan upacara pengesahan menteri di Istana Kekaisaran, kabinet baru didirikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat