androidvodic.com

Studi di Israel: Booster Covid-19 Efektif Kurangi Kemungkinan Rawat Inap hingga 93% - News

News - Banyak negara di dunia mengalami kenaikan kembali kasus Covid-19.

Hal tersebut mungkin disebabkan oleh varian baru yang lebih berbahaya, seperti varian delta.

Selain itu, kenaikan kasus bisa juga disebabkan kurangnya kekebalan pada vaksin yang sudah diberikan

Mengutip Medical Xpress, Clalit Research Institute, bekerja sama dengan para peneliti dari Universitas Harvard, menganalisis salah satu database catatan kesehatan terintegrasi terbesar di dunia untuk memeriksa efektivitas dosis ketiga vaksin Pfizer/BioNTech BNT162B2 terhadap varian Delta SARS-CoV-2.

Studi ini memberikan evaluasi peer-review terbesar tentang efektivitas dosis booster atau ketiga dari vaksin Covid-19 dalam pengaturan vaksinasi massal nasional.

Baca juga: Pakai Vaksin Pfizer dan BioNTech, Malaysia Bersiap Vaksinasi Anak Usia 5 Sampai 11 Tahun

Baca juga: CDC Kategorikan Indonesia Zona Hijau Covid-19, Airlangga Terus Dorong Vaksinasi

Penelitian dilakukan di Israel yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet.

Selain itu, beberapa negara juga berencana memberikan dosis booster vaksin mRNA Covid-19.

Studi ini menunjukkan bahwa dosis vaksin ketiga efektif dalam mengurangi hasil terkait Covid-19 yang parah dibandingkan dengan individu yang telah menerima dua dosis vaksin, setidaknya lima bulan yang lalu.

Ini adalah yang pertama, memperkirakan efektivitas dosis ketiga vaksin mRNA Covid-19, khususnya BNT162b2 terhadap hasil parah dengan penyesuaian untuk berbagai kemungkinan pembaur, termasuk komorbiditas dan faktor perilaku.

Ukuran penelitian yang besar juga memungkinkan penilaian yang lebih tepat dari efektivitas vaksin di periode waktu yang berbeda, subpopulasi yang berbeda (berdasarkan jenis kelamin, usia dan jumlah penyakit penyerta), dan hasil parah yang berbeda (yang lebih jarang dan dengan demikian memerlukan ukuran sampel yang lebih besar).

Sebuah uji klinis baru-baru ini yang dilakukan oleh BioNTech termasuk ukuran sampel yang lebih kecil dan tidak memperkirakan efek dosis ketiga untuk hasil yang lebih parah.

Penelitian berlangsung dari 30 Juli 2021 hingga 23 September 2021, bertepatan dengan gelombang keempat infeksi dan penyakit virus corona di Israel, di mana varian Delta (B.1.617.2) adalah jenis yang dominan di negara itu untuk infeksi baru (dengan sangat sedikit pengecualian).

Para peneliti meninjau data dari 728.321 orang berusia 12 tahun ke atas yang telah menerima dosis ketiga vaksin BNT162b2.

Orang-orang ini secara hati-hati dicocokkan 1:1 dengan 728.321 orang yang hanya menerima dua suntikan vaksin BNT162b2 setidaknya lima bulan sebelumnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat