androidvodic.com

PDB Jepang Juli-September Diperkirakan Negatif untuk Sektor Swasta - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Produk Domestik Bruto (PDB) Jepang Juli-September diperkirakan negatif untuk sektor swasta karena penurunan konsumsi pribadi.

"Rata-rata perkiraan sektor swasta, tingkat pertumbuhan riil tidak termasuk fluktuasi harga sedikit negatif, dan hasilnya menarik untuk dicatat," ungkap sumber News, Minggu (14/11/2021).

Perkiraan rata-rata dari 37 ekonom swasta yang disusun oleh Pusat Penelitian Ekonomi Jepang, sebuah asosiasi kepentingan publik, menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan riil tidak termasuk fluktuasi harga minus 0,56 persen secara tahunan.

Jika benar-benar menjadi negatif, itu akan menjadi pertama kalinya dalam dua semester terakhir.

Alasan utama untuk ini adalah bahwa "konsumsi pribadi", yang menyumbang lebih dari setengah dari PDB, diperkirakan akan menurun karena keadaan darurat yang dikeluarkan pada saat itu.

Baca juga: Putri Mako Keponakan Kaisar Jepang Bersama Suaminya Kei Komuro Tiba di New York

Perkiraan konsumsi swasta minus 0,47 persen dibandingkan tiga bulan sebelumnya.

Beberapa ekonom memperkirakan PDB akan positif kali ini, tetapi rata-rata dari delapan perkiraan teratas hanya + 0,80 persen secara tahunan, dan hasilnya patut diperhatikan.

Di sisi lain, banyak ahli memperkirakan PDB dari Oktober hingga Desember akan positif.

Menurut Japan Center for Economic Research--asosiasi kepentingan publik yang bergabung dari beberapa peneliti--perkiraan PDB untuk tiga bulan hingga bulan depan adalah rata-rata saat ini dari 37 ekonom swasta, dan tingkat pertumbuhan riil tidak termasuk fluktuasi harga adalah tingkat tahunan adalah + 4,93 persen.

"Keadaan darurat telah dicabut pada akhir September, dan situasi penyebaran virus corona baru-baru ini telah mereda, jadi kami berharap "konsumsi pribadi", yang menyumbang lebih dari setengah PDB, akan pulih," ujarnya.

Ada juga suara yang disebut "konsumsi balas dendam", di mana konsumsi yang telah dialami individu sejauh ini, dapat diharapkan.

Dan perkiraan sektor swasta "konsumsi pribadi" untuk tiga bulan hingga bulan depan dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya, yaitu ditambah 1,69 persen.

Namun, prediksi ini tampaknya didasarkan pada premis bahwa Covid-19 tidak akan menyebar dengan cepat lagi, seperti gelombang keenam virus corona.

Ada juga faktor risiko lain. "Melonjaknya harga minyak mentah" dan "depresiasi yen yang buruk".

Harga minyak mentah yang tinggi menyebabkan harga yang lebih tinggi untuk berbagai bahan baku.

Jika “depresiasi yen buruk” berlanjut sementara keuntungan perusahaan diperas dan pendapatan pribadi tidak naik, itu dapat menyebabkan beban lebih lanjut pada manajemen perusahaan dan rumah tangga yang terkena dampak virus corona.

Pemerintah mengharapkan PDB untuk kembali ke tingkat pra-corona "dalam tahun ini," tetapi masih menunjukkan bahwa risiko penurunan ekonomi yang berkelanjutan tinggi.

Sementara itu beasiswa dan upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat