androidvodic.com

Dua Kasus Varian Omicron Ditemukan di Jerman - News

News - Dua kasus varian baru virus corona Omicron terdeteksi di negara bagian Bavaria, Jerman selatan.

Pejabat kesehatan pada Sabtu (26/11/2021) mengatakan, satu kasus diduga ditemukan di Jerman barat.

Melansir Reuters, dua orang yang terpapar Omicron tersebut memasuki Jerman dari Bandara Munich pada 24 November 2021 sebelum Afrika Selatan ditetapkan sebagai episentrum varian Omicron.

Baca juga: Mengenal Omicron, Varian Baru Covid-19 yang Terdeteksi di Afrika Selatan, Berpotensi Lebih Menular

Baca juga: Jadi Perhatian WHO, Ini 3 Fakta Varian Baru Virus Corona Omicron Asal Afrika Selatan

Protein lonjakan Omicron dengan mutasi baru terlihat dalam warna merah, biru, emas dan hitam. Dua orang yang terpapar Omicron tersebut memasuki Jerman dari Bandara Munich pada 24 November 2021 sebelum Afrika Selatan ditetapkan sebagai episentrum varian Omicron.
Protein lonjakan Omicron dengan mutasi baru terlihat dalam warna merah, biru, emas dan hitam. Dua orang yang terpapar Omicron tersebut memasuki Jerman dari Bandara Munich pada 24 November 2021 sebelum Afrika Selatan ditetapkan sebagai episentrum varian Omicron. (Pusat Penelitian Virus di Universitas Glasgow)

Kementerian Kesehatan Bavaria menuturkan dua orang tersebut saat ini dalam karantina dan tidak menjelaskan secara eksplisit apakah mereka berasal dari Afrika.

Keduanya melakukan pemeriksaan lebih lanjut setelah mendengar tentang varian Omicron yang memicu kekhawatiran global dan gelombang pembatasan perjalanan.

Kementerian Bavaria mengatakan siapa pun yang telah berada di Afrika Selatan dalam 14 hari terakhir harus segera mengurangi kontak, melakukan tes PCR, dan menghubungi otoritas kesehatan setempat.

"Bavaria telah merespon lebih awal dan cepat untuk varian yang sangat baru," kata juru bicara kementerian.

"Semuanya harus dilakukan untuk menghentikan penyebarannya."

Baca juga: Epidemiologi Sebut Omicron Masih Terdeteksi dengan Tes PCR dan Antigen 

Baca juga: Muncul Varian Omicron, Pengusaha Minta Pemerintah Percepat Vaksinasi

Dari penumpang yang tiba dari Cape Town pada hari Jumat, 50 orang dikarantina di Bavaria.

"Dua penumpang asing dinyatakan positif virus corona dan sedang diselidiki untuk varian Omicron," kata kementerian Bavaria.

Ilustrasi bandara Jerman. Dua orang yang terpapar Omicron tersebut memasuki Jerman dari Bandara Munich pada 24 November 2021 sebelum Afrika Selatan ditetapkan sebagai episentrum varian Omicron.
Ilustrasi bandara Jerman. Dua orang yang terpapar Omicron tersebut memasuki Jerman dari Bandara Munich pada 24 November 2021 sebelum Afrika Selatan ditetapkan sebagai episentrum varian Omicron. ()

Sebelumnya, pejabat di negara bagian Hesse barat, rumah bagi bandara Frankfurt yang merupakan salah satu bandara tersibuk di Eropa, mengatakan kasus dugaan varian Omicron telah ditemukan pada seorang penumpang yang datang dari Afrika Selatan.

Orang itu tiba di Jerman pada hari Minggu dan telah divaksinasi penuh, Der Spiegel melaporkan, mengutip kementerian urusan sosial di Hesse.

Tidak ada yang segera tersedia di kementerian untuk berkomentar.

Baca juga: Varian B.1.1.529 atau Omicron Sudah Menyebar Lintas Benua, Berikut Negara Sebarannya

Baca juga: Varian Omicron Asal Afrika Selatan Dianggap Cukup Mengkhawatirkan, Berikut Tanggapan Pemerintah

Otoritas kesehatan kota Frankfurt mengatakan pihaknya mengharapkan hasil pengurutan penuh pada Senin. Pemeriksaan rutin pada minggu lalu setelah tes positif virus corona memunculkan kasus yang menunjukkan indikasi varian baru, katanya.

Pihak berwenang sejak itu memperkenalkan tes virus corona untuk semua pelancong dari Afrika Selatan dan Namibia setibanya di bandara Frankfurt. Sejauh ini tidak ada yang positif.

Jerman mengklasifikasikan Afrika Selatan sebagai daerah varian virus mulai Minggu.

Berita lain terkait dengan Omicron

(News/Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat