androidvodic.com

Nikaragua Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Taiwan Demi China - News

News - Nikaragua memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan dan menyatakan pengakuannya bahwa Taiwan adalah bagian dari China.

Dilansir The Guardian, kini Taiwan hanya memiliki 14 pemerintahan dunia yang secara resmi mengakuinya sebagai sebuah negara. 

Pemutusan hubungan diplomatik diumumkan negara Amerika Tengah ini pada Kamis (9/12/2021).

Nikaragua juga mengakui klaim Beijing soal 'Satu China', yakni Taiwan merupakan bagian dari negara tersebut.

Baca juga: AS dan Taiwan Khawatir, Presiden Terpilih Honduras Xiomara Castro Dukung China

Baca juga: Nikaragua Pilih Mendekat ke China, Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Taiwan

Pemerintah Nikaragua resmi mengakhiri hubungan diplomatiknya dengan dengan Taiwan dan beralih ke China sejak Kamis (9/12/2021).
Pemerintah Nikaragua resmi mengakhiri hubungan diplomatiknya dengan dengan Taiwan dan beralih ke China sejak Kamis (9/12/2021). (Nations Online Project)

"Pemerintah Republik Nikaragua hari ini memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan dan tidak lagi memiliki kontak atau hubungan resmi," demikian bunyi pernyataan pemerintah Nikaragua dalam Bahasa Inggris dan Spanyol.

"Republik Rakyat Tiongkok adalah satu-satunya pemerintah sah yang mewakili seluruh Tiongkok dan Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari wilayah Tiongkok," lanjutnya.

Pemerintah Taiwan menyesali keputusan Presiden Nikaragua Daniel Ortega yang "mengabaikan persahabatan" kedua negara.

"Taiwan selalu menjadi teman yang tulus dan dapat diandalkan untuk Nikaragua dan telah lama bekerja dengan Nikaragua untuk meningkatkan penghidupan rakyatnya dan membantu pembangunan nasionalnya," bunyi pernyataan resmi.

Taiwan juga akan segera menarik semua perwakilan diplomatiknya dari Nikaragua.

Tiga jam setelah pengumuman itu, Kantor Informasi Dewan Negara China mengumumkan bahwa Beijing dan Nikaragua telah menandatangani komunike bersama tentang dimulainya kembali hubungan diplomatik di Tianjin.

Zhang Jun, perwakilan tetap China untuk PBB, menyambut baik langkah tersebut.

"Kami sangat memuji keputusan tepat yang dibuat oleh Pemerintah Nikaragua, yang sejalan dengan tren zaman dan aspirasi masyarakat," cuitnya.

Nikaragua sebelumnya telah memutuskan hubungan selama 55 tahun dengan Taiwan pada 1985 sebelum mengakuinya kembali pada 1990.

Sekarang hanya 14 pemerintah, terutama di kawasan Pasifik dan Amerika Latin, yang mempertahankan hubungan formal dengan Taiwan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat