androidvodic.com

Kasus Covid-19 di Australia Sentuh Angka Tertinggi di Tengah Lonjakan Varian Omicron - News

News, SYDNEY – Kasus Covid-19 di Australia sentuh angka tertinggi pada  Selasa (5/1/2021) di tengah lonjakan varian Omicron pada dua negara bagian terpadat.

Reuters melaporkan rawat inap di negara bagian New South Wales melampaui rekor jumlah yang terjadi selama wabah Covid-19 varian Delta.

Orang yang dirawat di rumah sakit New South Wales naik menjadi 1.344.

Melampaui puncak pandemi 1.266 yang dicapai September lalu selama gelombang varian Delta.

Jumlahnya meningkat lebih dari dua kali lipat dalam seminggu sehingga membebani sistem kesehatan.

Rekor 47.799 infeksi telah dilaporkan di Australia sejauh ini pada hari Selasa melampaui angka tertinggi sebelumnya 37.212 sehari sebelumnya. Empat kematian baru terdaftar.

Baca juga: Varian Omicron Dapat Kurangi Akurasi Alat Deteksi Covid-19 Rapid Antigen

Terlepas dari rekor lonjakan infeksi yang dipicu oleh jenis Omicron, tingkat vaksinasi dosis ganda hampir 92% pada orang di atas 16 tahun telah membantu Australia menjaga tingkat kematian lebih rendah daripada wabah virus sebelumnya.

Pihak berwenang tidak merinci varian virus corona yang menyebabkan kematian, meskipun pejabat New South Wales mengatakan 74% pasien di unit perawatan intensif negara bagian itu sejak 16 Desember terinfeksi varian Delta.

Australia juga sedang berjuang melawan kekurangan tes antigen cepat, penundaan dengan hasil PCR dan penutupan mendadak sejumlah tempat pengujian, dengan laboratorium patologi dibanjiri oleh tumpukan tes.

Perdana Menteri Scott Morrison mengesampingkan pemerintah menanggung biaya bagi orang-orang untuk menguji diri mereka sendiri untuk Covid-19.

“Masalahnya saat ini adalah kurangnya (tes antigen cepat) benar-benar menghambat tanggung jawab pribadi dan itu adalah frustrasi yang merupakan lubang mencolok dalam pengelolaan Covid saat ini," kata Chris Moy, wakil presiden Asosiasi Medis Australia. Radio ABC pada hari Selasa.

Regulator persaingan Australia mengatakan akan membentuk tim untuk memeriksa keluhan tentang tuduhan mencongkel harga untuk tes antigen cepat di rumah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat