androidvodic.com

Kim Jong Un Tembakkan Rudal, Saat Moon Jae-in Berharap Bisa Hubungkan Semenanjung Korea - News

News - Korea Utara menembakkan rudal balistik di lepas pantai timurnya pada Rabu (5/1/2022).

Insiden itu terjadi beberapa jam sebelum Presiden Korsel, Moon Jae-in menghadiri peletakan batu pertama pembangunan jalur kereta api yang dia harapkan akan menghubungkan Semenanjung Korea yang terbagi.

Peluncuran pertama sejak Oktober, menggarisbawahi janji Kim Jong Un untuk mendukung militer dalam menghadapi situasi internasional yang tidak stabil di tengah pembicaraan dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Rudal diduga ditembakkan sekira pukul 08.10 waktu setempat, dari wilayah pantai timur dan ke laut, jelas Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS).

Beberapa jam setelahnya, Presiden Moon bertolak ke Kota Goseong yang dekat dengan perbatasan Korut untuk menghadiri peletakan batu pertama pembangunan jalur kereta api baru.

Baca juga: Jepang Waspada, Korea Utara Diduga Tembakkan Rudal Balistik di Laut Timur

Baca juga: Pembelot yang Kembali ke Korea Utara Disebut Hidup Miskin saat di Korea Selatan

Gambar menunjukkan uji tembak rudal balistik kapal selam tipe baru di lokasi yang dirahasiakan di Korea Utara pada 19 Oktober 2021.
Gambar menunjukkan uji tembak rudal balistik kapal selam tipe baru di lokasi yang dirahasiakan di Korea Utara pada 19 Oktober 2021. (AFP)

Jalur KA ini, kata Moon, dapat menjadi 'batu loncatan' untuk perdamaian dan keseimbangan regional di Semenanjung Korea.

Kendati demikian, Moon dalam sambutannya mengakui bahwa peluncuran rudal yang baru terjadi menimbulkan ketegangan antar-Korea.

Dia meminta rezim Kim Jong Un berdialog demi perdamaian.

"Kita tidak boleh menyerah pada harapan untuk berdialog untuk mengatasi situasi ini secara mendasar," katanya.

"Jika kedua Korea bekerja sama dan membangun kepercayaan, perdamaian akan tercapai suatu hari nanti," ujar Presiden Moon, dikutip dari Reuters.

Perdamaian dua Korea terus diupayakan Moon Jae-in selama ia menjabat.

Sebelumnya, kereta api merupakan ide untuk menghubungkan antar-Korea, buah dari pertemuan Kim Jong Un dengan Moon Jae-in pada 2018 silam.

Namun upaya itu tidak membuahkan hasil karena pembicaraan yang bertujuan meyakinkan Korea Utara untuk menyerahkan senjata nuklirnya dengan imbalan pelonggaran sanksi internasional tersendat pada 2019.

Kim Jong Un, Moon Jae In
Kim Jong Un, Moon Jae In (Allkpop)

Sementara itu, dalam pidato Tahun Baru 2022, Kim tidak menyinggung upaya negosiasi dengan Korsel atau tawaran diskusi dari Amerika Serikat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat