androidvodic.com

AS Cari Cara Percepat Pengiriman Jet Tempur F-16 Generasi Baru ke Taiwan - News

News - Amerika Serikat (AS) sedang mencari cara untuk mempercepat pengiriman jet tempur F-16 generasi baru ke Taiwan, kata pejabat AS.

Upaya ini dilakukan untuk memperkuat kemampuan angkatan udara Taiwan dalam menanggapi apa yang dilihat Washington dan Taipe sebagai peningkatan intimidasi oleh militer China.

Melansir Al Jazeera, para pejabat, yang berbicara dengan syarat anonim mengatakan kepada Reuters, mereka belum menemukan solusi mempercepat pengiriman F-16 Block 70.

Pesawat tempur yang diproduksi oleh Lockheed Martin ini dilengkapi dengan kemampuan baru.

Baca juga: Taiwan akan Wajibkan Penggunaan Kartu Vaksinasi Covid-19 untuk Masuk ke Tempat Hiburan

Baca juga: Taiwan Siapkan 1 Milyar Dollar untuk Bantu Lituania Hadapi Cina

Dua pesawat tempur F-16V bersenjata buatan AS terbang di atas pangkalan angkatan udara di Chiayi, Taiwan selatan. Rabu (5/1/2022). Sejumlah pilot pesawat tempur F-16V berlatih kesiapsiagaan menghadapi serangan dari Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China. (Sam Yeh / AFP)
Ilustrasi. Dua pesawat tempur F-16V bersenjata buatan AS terbang di atas pangkalan angkatan udara di Chiayi, Taiwan selatan. Rabu (5/1/2022). Sejumlah pilot pesawat tempur F-16V berlatih kesiapsiagaan menghadapi serangan dari Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China. (Sam Yeh / AFP) (AFP/SAM YEH)

F-16 generasi baru ini saat ini dijadwalkan akan dikirim pada akhir 2026 mendatang.

Pemerintah Taiwan secara pribadi menyatakan keinginannya untuk menerima pengiriman lebih cepat kepada Presiden AS Joe Biden, jelas pejabat senior Taiwan.

"Ini semua tentang penilaian risiko ... dan jelas di mana risikonya," kata pejabat Taiwan, merujuk pada ketegangan di Selat Taiwan yang sensitif yang memisahkan pulau itu dari daratan China.

F-16 dianggap sebagai pesawat yang sangat bermanuver yang terbukti dalam pertempuran udara-ke-udara dan serangan udara-ke-permukaan.

Baca juga: Berselisih dengan Taiwan, Korea Selatan dan Cina Adakan Pertemuan

Baca juga: Menlu Wang Yi Tegaskan Taiwan Akan Kembali Bersatu dengan Cina

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen memberi isyarat dari pesawat tempur F-16 V buatan AS yang sudah diup-grade selama upacara di Angkatan Udara Chiayi di Taiwan selatan pada Kamis (18/11/2021).
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen memberi isyarat dari pesawat tempur F-16 V buatan AS yang sudah diup-grade selama upacara di Angkatan Udara Chiayi di Taiwan selatan pada Kamis (18/11/2021). (AFP)

Taiwan berada di jalur yang tepat untuk menurunkan salah satu armada F-16 terbesar di Asia, setelah menerima pengiriman 66 pesawat F-16 C/D Block 70 yang baru dirakit di bawah kesepakatan senilai $8 miliar, yang disetujui pada tahun 2019 .

Ini akan membawa jumlah total F-16 di pulau itu, termasuk versi yang lebih lama, menjadi lebih dari 200 pada tahun 2026.

Pesawat Block 70 adalah konfigurasi F-16 terbaru, dengan avionik baru, kokpit modern dan mesin yang ditingkatkan, menurut Lockheed Martin.

Berita lain terkait dengan Pesawat Tempur F-16

(News/Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat