androidvodic.com

Diblokir, YouTube Stop Sederet Channel yang Didanai Rusia, Termasuk Russia Today - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, CALIFORNIA - YouTube telah menghentikan beberapa channel yang berasal dari Rusia, termasuk media yang didanai negara itu, Russia Today (RT).

Ini dilakukan agar channel-channel tersebut tidak dapat menghasilkan pendapatan melalui layanan videonya.

Dikutip dari laman Al Jazeera, Minggu (27/2/2022), langkah ini diambil menyusul penerapan langkah serupa yang telah dilakukan oleh pemilik Facebook Meta Platforms Inc.

Baca juga: Kemhan Rusia Tuding Nasionalis Ukraina Serang Starobelsk dengan Sistem Grad

Baca juga: Presiden Ukraina Zelenskyy Dikabarkan Terima Proposal Putin, Siap untuk Pembicaraan Damai

"Mengingat keadaan luar biasa di Ukraina, kami menghentikan sejumlah kemampuan channel itu untuk memonetisasi di YouTube, termasuk beberapa channel Rusia yang berafiliasi dengan sanksi baru-baru ini," kata YouTube, yang dioperasikan oleh Google Alphabet Inc, dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, jejaring sosial China TikTok juga telah memblokir akun kantor berita Rusia RIA Novosti pada Jumat malam dan menghapus alamat video Kepala Republik Rakyat Donetsk (DPR), Denis Pushilin yang memproklamirkan diri 'merdeka dari Ukraina' terkait upaya pengevakuasian warganya.

Insiden itu terjadi selama liputan media papan atas Rusia tersebut tentang peristiwa di DPR dan Republik Rakyat Lugansk (LPR) yang memproklamirkan diri di Ukraina timur.

Petugas pemadam kebakaran bekerja di sebuah bangunan tempat tinggal yang rusak di Koshytsa Street, pinggiran ibukota Ukraina Kyiv, di mana sebuah peluru militer diduga ditembakkan, pada 25 Februari 2022. - Pasukan Rusia yang menyerang menekan jauh ke Ukraina saat pertempuran mematikan mencapai pinggiran Kyiv, dengan Ledakan terdengar di ibu kota pada Jumat pagi yang digambarkan oleh pemerintah yang terkepung sebagai
Petugas pemadam kebakaran bekerja di sebuah bangunan tempat tinggal yang rusak di Koshytsa Street, pinggiran ibukota Ukraina Kyiv, di mana sebuah peluru militer diduga ditembakkan, pada 25 Februari 2022. - Pasukan Rusia yang menyerang menekan jauh ke Ukraina saat pertempuran mematikan mencapai pinggiran Kyiv, dengan Ledakan terdengar di ibu kota pada Jumat pagi yang digambarkan oleh pemerintah yang terkepung sebagai "serangan roket yang mengerikan". Ledakan di Kyiv memicu hari kedua kekerasan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin menentang peringatan Barat untuk melancarkan invasi darat skala penuh dan serangan udara yang dengan cepat merenggut puluhan nyawa dan menelantarkan sedikitnya 100.000 orang. (Photo by GENYA SAVILOV / AFP) (AFP/GENYA SAVILOV)

Termasuk evakuasi penduduk dua wilayah itu ke Rusia, saat pihak berwenang setempat melaporkan terjadinya penembakan berkelanjutan di Donbass yang dimulai pada Kamis pagi, dan diduga melanggar perjanjian gencatan senjata Minsk.

Sebuah video Pushilin yang meminta warga DPR untuk mengungsi ke Wilayah Rostov Rusia dan menekankan perlunya perempuan, anak-anak serta orang tua untuk dievakuasi karena meningkatnya ketegangan di Donbass, telah dihapus dari TikTok sekitar pukul 22.10 GMT.

Video tersebut telah dilihat oleh lebih dari 1,2 juta orang sebelum akhirnya dihapus.

Dalam video itu, Pushilin mengatakan bahwa Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dapat segera memerintahkan militernya untuk melancarkan serangan besar-besaran di Donbass, demi melaksanakan rencana menyerbu wilayah DPR dan LPR.

Namun tidak lama setelah video itu diterbitkan, Manajer Media Sosial RIA Novosti menerima pemberitahuan bahwa akun yang menayangkan video tersebut telah diblokir, dengan peringatan berbunyi 'Akun anda diblokir secara permanen karena beberapa pelanggaran Pedoman Komunitas kami'.

Sementara itu, alamat video serupa yang berisi video Kepala LPR, Leonid Pasechnik, dengan lebih dari 1,9 juta tampilan, tetap berada di channel itu dan masih tersedia untuk ditonton oleh para pengguna.

Kendati demikian, tidak dapat lagi menerbitkan video baru.

RIA Novosti menganggap tindakan TikTok tidak dapat diterima dan mengajukan banding ke pengawas media Roskomnadzor dengan penyelidikan tentang validitas keputusan Tiktok untuk memblokir akun kantor berita terkemuka Rusia itu.

Menurut data terbaru, sekitar 25.000 orang melintasi perbatasan Rusia dari LPR pada Sabtu pagi.

Sedangkan 10.000 orang lainnya membentuk kolom pengungsi yang terorganisir.

Sejak Sabtu pagi waktu setempat pemerintah DPR juga berencana menyelenggarakan evakuasi warga ke Rusia menggunakan kereta api.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat