androidvodic.com

Dubes Ukraina Serukan RI Bantu Ukraina: Bantu Dunia untuk Singkirkan Wabah Rusia - News

News, JAKARTA - Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin menyerukan Indonesia untuk menghukum Rusia atas kejahatan perang, sebagaimana yang telah dilakukan dengan negara lainnya.

Vasyl menyatakan banyak negara di dunia sudah menghukum Rusia.

Diantaranya dengan memutusnya dari SWIFT dan instrumen internet lainnya, menutup bandara dan pelabuhan untuk pesawat dan kapal Rusia, menjatuhkan sanksi ekonomi dan pribadi kepada Rusia serta kepemimpinannya, menutup ruang media dari propaganda Rusia (TV, saluran Internet, dll.).

Banyak negara juga telah memberikan bantuan militer, keuangan, medis dan sipil untuk Ukraina.

"Saya menyerukan kepada Anda sekalian, orang-orang Indonesia yang terkasih: bantu Ukraina, bantu dunia untuk menyingkirkan wabah Rusia ini," kata Vasyl dalam keterangannya, Senin (28/2/2022).

"Apa pun dapat membantu Ukraina dalam meraih kemenangan dari Rusia, si binatang buas yang dilumuri darah. Siapa pun dapat menyalurkan bantuan," lanjutnya.

Dubes Ukraina itu berharap Indonesia memberikan dukung Ukraina secara finansial.

Bantuan dana dapat langsung ditransfer ke rekening Bank Sentral Ukraina atau melalui Kedutaan Besar Ukraina di Jakarta.

"Berapa pun nilainya, sangat berharga bagi kami," ujarnya.

Baca juga: Daftar Negara Pendukung Ukraina: Mulai dari AS, Inggris, hingga Korea Selatan

Ia juga meminta Indonesia menghentikan propaganda dan kebohongan munafik Rusia menggunakan segala cara yang ada di jejaring sosial, media.

Serta membagikan kebenaran tentang perang ini dengan semua orang di sekitar, melalui jejaring sosial, media massa, dan di antara kerabat.

Vasyl juga mengingatkan kembali soal kontribusi Ukraina bagi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945-1949.

Sebagai negara sahabat, menurutnya Ukraina selalu membantu Indonesia saat Indonesia membutuhkan, termasuk di saat terjadinya bencana-bencana alam baru-baru ini.

"Saya bangga menjadi Duta Besar Ukraina di negara Anda. Maka akan menjadi kehormatan besar bagi saya dan bangsa saya untuk menerima dukungan dan pertolongan dari Indonesia di saat berbahaya ini, yang mengancam kemerdekaan serta kedaulatan Ukraina," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat