androidvodic.com

Rusia Salahkan Ukraina soal Penyerangan PLTN Zaporizhzhia, Dinilai Ulah Tukang Sabotase - News

News - Pemerintah Rusia melalui Kementerian Pertahanan menyalahkan penyerangan terhadap Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia di Ukraina adalah ulah tukang sabotase dari Ukraina.

Dikutip dari Reuters, menurut perwakilan dari Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov menyatakan PLTN tersebut beroperasi secara normal dan telah di bawah kendali pihak Rusia sejak 28 Februari 2022 lalu.

“Namun, tadi malam di sekitar wilayah dekat PLTN tersebut, penyerangan dilakukan oleh rezim nasionlais dari Kiev untuk menyulut provokasi,” jelas Igor.

“Pada Jumat (4/3/2022) sekitar pukul 2 pagi waktu setempat, selama patroli yang dilakukan penjaga, mobil patroli miliki Garda Nasional diserang oleh kelompok penyabotase dari Ukraina.” imbuhnya.

Igor juga mengatakan pihak penjaga melakukan perlawanan dengan memberikan beberapa tembakan.

Baca juga: Profil Alisher Usmanov, Oligarki Rusia yang Dikenai Sanksi oleh AS, Sekutu Dekat Vladimir Putin

Baca juga: Amerika Serikat Umumkan Sanksi Baru untuk Rusia, Sasar Putin hingga Orang Terkaya Rusia

“Untuk meredakan provokasi, tembakan dilepaskan oleh personil dari Garda Nasional Rusia dari jendela di beberapa lantai dari kompleks pelatihan yang berada di luar PLTN," jelasnya.

Ia juga mengatakan anggota patroli Rusia melanjutkan tembakan dan kelompok penyabotase tersebut meninggalkan kompleks pelatihan dan membalas tembakan agar dapat kabur.

Sebelumnya, Ukraina mengatakan pasukan Rusia telah menyerang PLTN Zaporizhzhia pada Jumat dini hari, yang mana menyebabkan terbakarnya lima loteng dari fasilitas pelatihan terbakar.

Insiden ini pun menimbulkan kecaman kepada pihak Rusia.

PLTN Zaporizhzhia terancam meledak dan bakal lebih parah dari bencana Chernobyl setelah kebakaran yang terjadi di sana kian parah.
PLTN Zaporizhzhia terancam meledak dan bakal lebih parah dari bencana Chernobyl setelah kebakaran yang terjadi di sana kian parah. (Suber AP)

Diberitakan Tribunnews sebelumnya, PLTN Zaporizhzhia berhasil direbut oleh pasukan Rusia.

Perebutan yang dilakukan oleh pasukan Rusia menyebabkan kebakaran di sebuah bangunan kompleks PLTN.

Pada sebuah rekaman, menunjukkan satu bangunan terbakar, dan serentetan peluru masuk.

Sebelumnya, bola lilin besar menerangi langit, meledak di samping tempat parkir dan membuat asap mengepul ke seluruh kompleks.

Lalu, layanan darurat Ukraina mengatakan dalam pernyataan di Facebook, api di gedung pelatihan PLTN Zaporizhzhia di Energodar padam pada waktu setempat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat